Sunday, April 21, 2024
Google search engine
HomeKenariTips Untuk Budidaya Burung Kenari Bagi Pemula

Tips Untuk Budidaya Burung Kenari Bagi Pemula

Artikel terkait : TIPS UNTUK BUDIDAYA BURUNG KENARI BAGI PEMULA

merahlokal1
Burung kenari atau secara ilmiah berjulukan Serinus Canaria pertama kali didapatkan pada periode ke 15 oleh seorang pelaut perancis.
Nama kenari sendiri bukan berasal dari nama buah kenari melainkan menurut habitat asal burung ini yakni pulau Canary.
Yang secara geologis terletak pada barat maritim pesisir afrika. Burung kenari sendiri diperkirakan masuk Indonesia pada masa penjajahan Belanda. Karena keayuan bulu dan bunyi burung ini , bikin beberapa penikmat burung mulai membudidayakanya.
Alasan utamanya lantaran burung kenari mempunyai nilai hemat yang cukup tinggi dan stabil di pasaran. Selain itu ada beberapa hal pada burung kenari yang layak diunggulkan , selaku berikut:

Baca juga:
9 Manfaat Penting Buah Pepaya Untuk Burung Ocehan
Kandungan dan ManfaatBuah Apel Untuk Kenari

1. Burung kenari tergolong jenis burung yang sungguh gampang menyesuaikan diri , burung ini bisa menyesuaikan pada pergeseran atau keadaan lingkungan.

2. Burung kenari merupakan burung tipe penyanyi dan petarung. Burung ini apabila menyimak burung kenari jenis lain sedang berkicau , maka burung ini pun akan mengikutinya , oleh lantaran itu burung kenari disebut burung yang sungguh gampang gacor.

3.  Burung kenari sungguh gampang naik birahinya. Burung ini birahinya naik bisa disebabkan lantaran beberapa faktor antara lain , yaitu: pakan burung kenari kurang kombinasi , kadang kala dijalankan penjemuran yang secara berlebihan juga bisa memunculkan naiknya birahi pada burung ini , dan naiknya birahi yang lain merupakan apabila berjumpa dengan burung kenari betina.

Namun tak sedikit yang gagal dalam beternak Burung Kenari , hal ini disebabkan minimnya pengalaman si pembudidaya. Untuk budidaya burung kenari ada beberapa fakor yang mesti di amati , di mulai dari proses penjodohan hingga merawat anakan. Tetapi yang lebih permulaan dari itu merupakan penyusunan rencana awal. Berikut ini akan di ulas secara singkat beberapa hal yang mesti diamati dalam penyusunan rencana permulaan sebelum tentukan beternak kenari:

1. Pahami dahulu jenis kenari yang mau diternak

Ini menjadi pertimbangan permulaan dikarenakan jenis kenari yang diternak akan menegaskan berapa ongkos yang mesti dikeluarkan nantinya. Anda bisa tentukan mana yang mau dibeli , apakah jenis AF , seri F dari yorkshire (YS) , RI , YS setempat ,lokal , dan sebagainya. Anda bisa sekalian mencari info berapa harganya , dimana bisa membelinya , dalam atau luar kota.

Soal jenis kenari tergantung selera dan mesti diadaptasi dengan budget yang ada. Sebab semua jenis kenari itu baik atau mempunyai kesempatan untuk diternak. Sekarang tergantung pehamanan kita dan pastinya nanti akan menyinggung seberapa banyak budget yang ada. Juga perlu diamati pula , apakah ini akan menjadi pekerjaan utama atau sekadar sampingan.

2. Pelajari teladan perawatan harian dan penanganan umum

Sangat tidak sempurna kalau Anda sudah berbelanja burung , namun risau atau tidak tau cara merawatnya. Makara semestinya sebelum berbelanja burung mesti mulai mencari isu atau wawasan dasar tentang teladan perawatan harian , teladan pakan , penanganan ketika burung sakit , proses beternak , cara mengawinkan , cara mempertahankan kebersihan , dan lain-lain.

Berikut ini 10 kiat perawatan burung kenari , yang khusus ditujukan untuk pemula , berikut ulasannya:

1. Hindarkan burung dari hembusan angin langsung

Dalam menggantung sangkar kenari , apakah di dalam ruangan maupun di luar ruangan , usahakan lokasinya tidak terkena embusan angin secara langsung. Misalnya di akrab atau depan jendela , lubang udara , kipas angin , atau pendingin ruangan.

Hal sederhana inilah yang kerap diabaikan sejumlah pemula dikala merawat kenari. Untuk mengetahui apakah ruangan tersebut terbebas dari embusan angin secara pribadi , atau embusan angin puting-beliung , Anda bisa meletakkan lilin di depan sangkar. Perhatikan kalau api lilin bergerak-gerak liar , itu artinya Anda mesti memindahkan sangkar ke tempat yang aman. Membiarkan kenari di ruangan yang memperoleh embusan angin puting-beliung akan bikin burung rentan kepada aneka macam penyakit.

2. Hindari sinar matahari langsung
Terkena sinar matahari pribadi , apalagi dikala cuaca terik , bisa berakibat fatal , bahkan sanggup menyebabkan janjkematian akhir serangan heat stroke. Sebaliknya , teladan penjemuran pada waktu yang sempurna sanggup memberi banyak faedah untuk burung Anda.

Misalnya , kalau ingin menjemur burung , waktu yang diusulkan merupakan pagi dikala matahari terbit dan sore hari dikala matahari akan terbenam. Penjemuran pada siang hari bisa ditoleransi , sepanjang Anda mesti senantiasa mengawasi keadaan burung. Apabila mulai terlihat terengah-engah , secepatnya angkat dan dinginkan burung , atau dapat juga menutup sebagaian atap sangkar dengan kain agar burung memperoleh naungan memadai.

3. Konsisten tersedia air bersih

Inilah yang mesti menjadi perhatian Anda setiap waktu , Kenari mempunyai metabolisme yang tinggi dan tidak dapat hidup tanpa air selama lebih dari 24 jam. Berikan air higienis dan segar setiap harinya , jangan berikan air pribadi dari keran / ledeng yang mengandung banyak kaporit. Beberapa penggemar kenari sekarang lebih bahagia menampilkan air bungkus bermerek atau isi ulang , agar kenari senantiasa terlihat lebih segar dan sehat.

4. Konsisten tersedia pakan bijian

Pakan utama kenari memang biji-bijian , sesuai dengan bentuk paruhnya. Karena itulah pakan bijian mesti senantiasa ditawarkan dalam jumlah cukup setiap harinya. Pakan bijian yang anggun untuk kenari misalnya canary seed , millet dan niger seed , dan lebih baik kalau merupakan kombinasi / adonan dari ketiganya.

5.  Pemberian pakan extra

Untuk memperbesar keanekaragaman hidangan , sekaligus mempertahankan keseimbangan nutrisi , sesekali burung kenari juga perlu memperoleh pakan tambahan. Misalnya egg food yang kaya akan protein , dan sungguh diperlukan untuk kenari dalam masa perkembangan dan reproduksi. Jangan lupa berikan juga sayuran hijau (misalnya selada , wortel , brokoli) dan buah-buahan (misalnya apel).

6. Pemberian mulivitamin dan suplemen

Ketika Anda menampilkan pakan mulai dari biji-bijian , egg food , sayuran , dan buah-buahan , tolong-menolong ada kandungan beberapa vitamin penting di dalamnya. Tetapi kadang kala kita , selaku awam , tak mungkin bisa mengukur berapa kandungan setiap jenis vitamin yang sudah masuk ke organ pencernaan burung. Bahkan kita tidak dapat menegaskan apakah jenis vitamin tertentu terkandung dalam pakan yang diberikan.

Keunikan lain dari vitamin merupakan kalau kelemahan mengalami defisiensi , atau gangguan kesehatan akhir kelemahan jenis vitamin tertentu. Misalnya , ketika burung mendapatkan asupan vitamin A , dan C , tetapi tidak mendapatkan kecukupan vitamin B dan D , maka burung akan mengalami defisiensi vitamin A dan C , dengan tanda-tanda klinis sesuai dengan gangguan tersebut (misalnya pandangan terusik dan keadaan badan senantiasa loyo).

Tetapi ketika burung mengalami kelebihan vitamin , maka kelebihan itu tidak akan disimpan di dalam badan sebagaimana karbohidrat , lemak , dan protein , namun pribadi digelontorkan bareng urine dan feces keluar dari kloakanya. Karena itu , tentukan kecukupan vitamin lewat penggunaan BirdVit secara berkala , dengan estimasi kalau kelemahan berbahaya tetapi kalau kelebihan tidak mempunyai efek negatif pada burung.

Baca juga: 
Kandungan dan Manfaat Telur Puyuh Untuk Kenari
Manfaat Sayur Gambas atau Oyong Untuk Burung Pleci dan Burung Ocehan Lainnya


7. Pemberian mineral dalam jumlah cukup

Sama seumpama vitamin , mineral juga terdiri atas puluhan jenis , mulai dari zat besi (ferum) , seng (zincum) , kalsium , kalium , fosfor , magnesium , dan sebagainya. Ketika kelemahan salah satu jenis saja , maka burung akan mengalami defisiensi mineral sesuai dengan jenisnya. Kalau kelemahan dua jenis mineral , burung pun akan mengalami defisiensimineral pada dua jenis tersebut. Demikian seterusnya.

Oleh alasannya merupakan itu , mineral mutlak diperlukan burung , meski jumlahnya jauh lebih minim ketimbang nutrisi seumpama protein , lemak , serat garang , dan energi metabolisme / karbohidrat. Sebagian kicaumania memakai tulang sotong selaku asupan mineral.

8. Jaga kebersihan kandang

Kebersihan sangkar juga merupakan syarat penting dalam bikin keadaan burung kenari yang senantiasa sehat. Usahakan kotoran burung bisa dikesampingkan setiap hari. Wadah pakan dan air minum juga mesti berkala dibersihkan.

Bersihkan juga tenggeran burung setidaknya sepekan sekali , lantaran tenggeran merupakan tempat berpijak kaki burung , yang niscaya bersentuhan dengan kotoran (feces) dan sisa pakan. Di segi lain , burung pun kerap mengusapkan paruhnya ke tenggeran.

9. Waspada kemunculan kutu atau tungau

Waspada dengan berbagai macam benalu , lantaran mereka bersifat membunuh secara secara perlahan-lahan , baik dari dalam badan (cacing dan tungau kantung udara) maupun dari luar badan (tungau merah). Ada juga tungau kaki yang menyerang pecahan kaki. Meski jarang memunculkan janjkematian , tungau kaki pada kenari juga bisa bikin burung menjadi cacat.

Untuk menangkal maupun mengobati benalu dari luar , Anda bisa memakai produk terpercaya seumpama FreshAves. Khusus pengobatan cacing yang kadung menyerang kenari , silakan buka halaman ini. Adapun untuk menghalau tungau kantung udara , yang masuk ke saluran pernafasan burung , dan sering menyebabkan burung macet bunyi , silakan klik halaman BirdFresh , utamanya deskripsi dan cara penggunaannya.

10. Menggunting kuku yang panjang

Apabila kenari sudah berusia satu tahun , kuku-kukunya sudah berkembang cukup panjang. Bagi Anda yang kelak ingin menjadi penangkar , maka sebelum dijodohkan , usahakan kuku-kuku kenari jantan yang sudah panjang diiris apalagi dulu. Jika tidak , maka kuku panjang akan menyakiti betina dikala keduanya kawin.

3. Sesuaikan kesanggupan waktu , tenaga , dan jumlah kenari yang dipelihara

Tentunya anda tidak mau apabila penyusunan rencana yang sudah dibentuk menjadi awut-awutan lantaran kita tidak mempunyai waktu lagi untuk mengurusnya , sehingga burung pun tidak terurus lagi.

Biasanya hal ini terjadi pada mereka yang sudah mempunyai pekerjaan tetap , misalnyabekerja kantoran , dan beternak kenari sekadar kerja keras sampingan. Jika mesti berangkat pagi dan pulang sore , waktu mengurusnya pun makin sempit , terkecuali kalau ada pegawai atau pekerja yang mengurusnya sehari-hari.

Di sini anda perlu mengetahui kesanggupan 1 orang tenaga insan dalam mengorganisir burung. Jika kita cuma sendiri , dan jumlah burung lumayan banyak , tentu perawatan harian dan proses penangkarannya menjadi kurang maksimal.

Sebab pekerjaan di sangkar ternak cukup repot , mulai dari membersihkan sangkar , mengubah ganjal kotoran (dari koran) , membersih wadah pakan dan wadah minum , mengubah pakan dan air minum , memandikan dan menjemur burung , dan sebagainya.


4. Siapkan dana untuk berbelanja materi induk , sangkar , dan lain-lain

Setelah mengetahui tiga hal sebelumnya , selanjutnya anda sudah bisa menjumlah dan menyiapkan dana untuk mengawali berbelanja materi induk kenari , bikin atau berbelanja sangkar / sangkar , berbelanja alat-alat seumpama wadah pakan , wadah minum , kolam / karamba mandi , tenggeran , dan keperluan lainnya.

Tentu dana ini bukan dana untuk keperluan perawatan harian atau dana bulanan yang berkala dikeluarkan selama beternak kenari. Ini merupakan dana investasi / modal permulaan , baik dalam bentuk hidup (burung) maupun tidak hidup (peralatan / perlengkapan).

Jadi , modal permulaan ini mesti sudah disiapkan sejak permulaan diluar dana operasional bulanan. Dana operasional bulanan umumnya disiapkan untuk 3-4 bulan ke depan , sehingga kita siap sejak permulaan hingga beberapa bulan berikutnya.

Untuk modal permulaan , mohon diadaptasi antara  jumlah dan jenis kenari dengan budget yang tersesia. Misal cuma ada Rp 5 juta , semestinya jangan memaksakan diri berbelanja YS pejantan , melainkan cukup 1 ekor pejantan F1YS dan 2 ekor betina F1YS , atau 2 ekor pejantan AF dan 5 ekor betina AF , atau jenis yang lain yang sekiranya cuma menghabiskan dana optimal Rp 5 juta untuk mengawali beternak.

Tapi ingat , dana tersebut belum tergolong untuk berbelanja sangkar harian/ternak , pakan , jerami , aksesoris , lampu , dan sebagainya. Makara , semestinya persiapkan apalagi dahulu semua keperluan yang menjadi modal permulaan dalam beternak , agar keuangan tidak membesar dan keluar dari jalur.

5. Membeli indukan dan perlengkapan

Oke , kelihatannya sudah saatnya untuk mengawali hunting atau berbelanja kandidat materi indukan dan beberapa peralatan lainnya. Nah , dalam pecahan ini ada beberapa item yang mesti dibeli:
•    Burung kenari (pejantan dan kandidat induk betina)
•    Sangkar ternak/ harian dan sangkar polier (umbaran)
•    Pakan
•    Aksesoris (cepuk pakan/minum , sarang ,  jerami , kerodong , dll)
•    Vitamin , dll-

Kita tetap mengacu pada seberapa banyak dana yang disiapkan , waktu , dan tenaga untuk mengorganisir ternak.

Jika sejak permulaan tidak dikehendaki jumlah kenari dalam jumlah besar , setidaknya bisa dimulai dari 2-3 pasang kenari dahulu (memakai metode pasangan / monogami) , atau 1 pejantan dengan 3-4 ekor induk betina (sistem kawin cabut / poligami).

Jumlah sangkar , kerodong , dan sejenisnya juga bisa diadaptasi dengan jumlah kenari yang mau dirawat.

Setelah beberapa indukan tadi mulai berproduksi , dan anakan sudah ada yang dijual , barulah menimbang-nimbang bagaimana pengembangan kerja keras ternak kenari ini.

Jika dirasa cocok , dan bahagia mendapatkan tantangan ,  silakan teruskan kerja keras beternak kenari yang cukup prospektif ini. Anda bisa mengembangkannya dengan berbelanja induk jantan dan betina yang berlawanan dari jenis yang ada di sangkar , sehingga bisa menciptakan anakan yang lebih bervariasi.

Anda juga bisa menyiapkan ekspansi sangkar , rekruitmen tenaga kerja gres , dan sebagainya. Semoga goresan pena ini bisa berharga untuk rekan-rekan yang ingin mengawali beternak kenari.

Sebelum mengawali klarifikasi perlu di ingat bahwa beternak kenari memerlukan modal yang tidak mengecewakan besar dan perlu keteguhan dan keuletan. Berikut faktor yang mesti di amati untuk beternak kenari dan ini sangatlah penting. Satu faktor saja yang terlewat bisa menyebabkan kegagalan untuk beternak atau penundaan keberhasilan. Apa saja yang perlu di perhatikan??

1.    Usia kenari
2.    Jenis kelamin burung Kenari
3.    Sarana pendukung (kandang , dll)
4.    Proses penjodohan burung Kenari
5.    Pemindahan burung Kenari dalam 1 sangkar
6.    Usia burung Kenari untuk indukan

•   Usia Kenari untuk indukan merupakan faktor penentu sukses atau tidaknya dalam beternak kenari , usia Kenari indukan yang terbaik untuk diternak merupakan 6 bulan untuk kenari betina dan 8 bulan untuk kenari jantan.

•    Jenis kelamin burung Kenari. Anda selaku peternak mesti bisa mengetahui ciri-ciri Kenari jantan dan betina , dalam hal mengetahui jenis kelamin Kenari ini cukup sukar bagi kita yang masih pemula. Pendekatan permulaan yang dapat kita lakukan merupakan menyaksikan dari lubang dubur kenari , tetapi dalam kasus tertentu kadang kala ada kenari yang sungguh sukar diputuskan jenis kelaminnya.

•   SARANA PENUNJANG. Kadang-kadang kita dalam beternak tidak terlampau memperhatikan hal-hal kecil seumpama posisi sangkar ternak , lingkungan sangkar ternak dan fasilitas penunjangnya. Jika hal-hal tersebut kurang diamati akan menyebabkan kekesalan di kemudian hari. Contohnya pada dikala penempatan sangkar ternak kita tidak memperhatikan lingkungan di sekeliling sangkar ternak. Penempatan yang terbaik yakni sangkar atau sangkar ternak melekat ke dinding disamping kiri dan kanan sangkar ditutup. Sangkar ternak di tempatkan di daerah yang bebas dari gangguan serangga atau hewan yang lain seumpama tikus , cicak dll.

Untuk menyingkir dari dari serangan serangga seumpama semut daerah sekeliling sangkar yang menempek ke tembok di kelilingi dengan kapur anggun (kapur ajaib). Jika sangkar ternak besar memakai kaki maka kaki-kakinya diolesi oli. Sedangkan pengganggu utama selain semut yakni tikus , tikus sebenarnya cuma mengambil makanan kenari cuma kalau menyaksikan kenari lengah ya di hajar juga dan insiden ini sering sekali dialami oleh hobis. Dengan penempatan sangkar di dinding dikehendaki bisa mengurangi serangan tikus cuma adakala tikus juga cerdas mencari celah untuk itu anda mesti hati-hati dalam penempatan sangkar yang terbaik sich memakai sangkar aluminium.

•    Proses penjodohan burung Kenari. Jika anda sudah menegaskan dan berbelanja sepasang kenari dengan usia yang sudah masuk patokan siap ternak maka , proses selanjutkan merupakan proses  penjodohan. Proses penjodohan ini umumnya dijalankan dengan cara kenari jantan dan betina di tempatkan pada sangkar yang berlawanan , dan selanjutnya kedua sangkar Kenari tersebut diposisikan saling berdekatan. Dalam hal ini banyak peternak pemula yang tidak sabar menjalani proses penjodohan dan pribadi memasukan jantan dan betina kedalam satu kandang. Jika Kenari tersebut belum ada “ketertarikan” satu dan yang yang lain maka balasannya kedua Kenari bisa saling menyerang. Jika kita memakai sangkar atau sangkar terpisah maka kita akan mengetahui kesiapan untuk dijadikan satu sangkar atau timbulnya “ketertarikan” diantara kedua burung Kenari.

•    Pemindahan burung Kenari dalam 1 sangkar. Proses selanjutnya yakni menyatukan kedua kenari tersebut dalam 1 sangkar. Anda bisa mengetahui ciri apa saja yang timbul dan bisa dijadikan tanda bahwa kedua burung Kenari sudah siap disatukan dalam satu sangkar merupakan , dikala burung Kenari jantan didekatkan dengan betinanya maka burung Kenari jantan akan mengejar-ngejar dengan menabrak sangkar dengan bunyi kicauan yang keras , selanjutnya anda amati betinanya , tanda kalau sudah siap disatukan maka burung Kenari betina akan menggerakan sayapnya dan merendahkan pecahan depan tubuhnya selaku tanda minta kawin.

•    Proses Pengeraman. Pada masa pengeraman burung kenari selama 12 hari hingga 14 hari tergantung cuaca/suhu umumnya peternak memakai extra lampu 5 watt didalam sangkar/box biar suhu didalam sangkar/box lebih hangat. Setelah 12 hari mengeram telur akan menetas satu persatu umumnya berselang sehari hingga seluruhnya menetas , pada masa itu si pejantan bisa di pisahkan atau di satukan tergantung abjad si pejantan itu sendiri. Pada masa memberi pakan/meloloh anakan burung kenari kita siapkan extra fooding extra biar anakan bisa berkembang dengan segera dan baik.

Demikian postingan yang dapat di buat , dan memang di fokuskan untuk yang baru memulai , saya berharap postingan ini cukup bisa menampilkan citra garang tentang alur antisipasi mulai dari masalah penyusunan rencana hingga ke penetasan , mudah-mudahan berharga buat anda yang membutuhkan. Salam penghobi burung kicau.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments