Friday, April 19, 2024
Google search engine
Homeair tawarFaedah Dan Kandungan Gizi Ikan Mas

Faedah Dan Kandungan Gizi Ikan Mas

Manfaat Dan Kandungan Gizi Ikan Mas – Ikan mas atau ikan dalam latin berjulukan Cyprinus carpio yakni ikan air tawar yang bernilai ekonomis penting dan tersebar luas di Indonesia. Ikan emas telah mulai dipelihara penduduk luas di Cina semenjak tahun 475 sebelum Masehi. Di Indonesia ikan mas dimulai pada dipertahankan pada tahun 1920. Ikan mas yang ditemukan di Indonesia ialah ikan mas yang dibawa dari Cina, Eropa, Taiwan dan Jepang. Di Indonesia, ikan mas mempunyai beberapa nama panggilan yang Kancra, tikeu, tombro, raja, Rayo, ameh atau nama lain sesuai dengan tempat penyebarannya. Ikan mas merupakan jenis ikan konsumsi air tawar, lateral rata tubuh memanjang dan lembut. Ikan mas telah dapat dibudidayakan di kolam biasa, ladang, waduk, sungai air deras bahkan di akuarium

 Ikan mas atau ikan dalam latin bernama  Manfaat Dan Kandungan Gizi Ikan Mas

Sampai saat ini telah ada 10 ikan mas yang dapat diidentifikasi menurut karakteristik morfologi. Goldfish diklasifikasikan omnivora, yakni ikan yang dapat memangsa berbagai makanan, baik yang berasal dari tumbuhan mikroskopis dan hewan. Namun, tumbuhan pangan utama dan hewan yang berada di dasar dan tepi.

Klasifikasi ikan mas ialah selaku berikut:

  • Kelas       : Osteichthyes
  • Grader     : Actinopterygii
  • Bangsa     : Cypriniformes
  • Suku        : Cyprinidae
  • Jalan raya: Cyprinus
  • Jenis        : Cyprinus carpio L.

Kandungan nutrisi 

  • Protein 16,0 g
  • Lemak 2,0 g
  • Kalsium 20 mg
  • Fosfor 150 mg

Jenis-jenis ikan mas:

Ikan mas Punten: sisik hijau renta; pintas sebagian besar forum; punggung tinggi dan lebar; sedikit mata melotot; Gerakan lincah; perbandingan antara panjang tubuh dan tinggi antara 2,3: 1.

Ikan mas Majalaya: sisik berwarna hijau keabu-abuan dengan tepi yang lebih gelap dari sisik; kembali tinggi; nya relatif singkat; gerakan lambat, ketika diberikan kuliner mirip berenang di air; rasio panjang badan dengan tinggi antara 3,2: 1.

Ikan mas nyonya: pucat sisik kuning; panjang tubuh relatif; mata pada ikan muda tidak menonjol, sedangkan ikan cukup umur bermata sipit; Gerakan lambat, lebih memilih untuk berada di permukaan air; rasio panjang tubuh dengan tinggi antara 3,6: 1.

Ikan mas Taiwan: sisik berwarna hijau kekuningan; panjang badan relatif; dibulatkan kembali penampang; sedikit mata melotot; lebih lincah dan gerakan aktif; rasio panjang tubuh dengan tinggi antara 3,5: 1.

Ikan koi: bentuk bundar tubuh panjang dan sarat bersisisk; aneka macam skala warna mirip putih, kuning, merah jelas, atau kombinasi dari warna-warna ini.

Manfaat Ikan Mas

Ikan mas selain mempunyai daging yang lezat dan lezat, juga memiliki aneka macam faedah bagi kesehatan kita. Berikut faedah ikan mas bagi kita :
1. Mencegah penyakit jantung dan gagal jantung, sebab mengandung omega-3 asam lemak
2. Menurunkan tekanan darah
3. Mengurangi berat tubuh
4. Merangsang otak anak dan kemajuan yang tinggi
5. Mengurangi risiko kanker payudara, usus besar dan prostat
6. Mencegah radang sendi
7. Menjaga kesehatan mata
8. Menunda proses penuaan dini (keriput)
9. Mengurangi rasa gampang tertekan dan cemas yang berlebihan

10. Mengatasi Batuk. Untuk menangani batuk anda, anda bisa menyembuhkan dengan bahan ikan mas. Caranya adalah sebagai berikut. Siapkan 300 gr ikan mas, 10 gr kencur, dan 3 gelas air. Selanjutnya tumbuk halus kencur, dan campur semua bahan menjadi satu. Tambahkan air dan masak hingga matang. Setelah matang disarankan biar anda eksklusif menyantapnya. Ini cukup dibuat 2 kali dalam seminggu.

11. Gangguan tulang panggul sempit. Untuk menangani gangguan ini anda harus menyiapkan 300 gr ikan mas, 10 gr, Jahe, Garam, 3 gelas air. Selanjutnya campur semua materi menjadi satu dan masak memakai air hingga matang. Setelah matang anda bisa eksklusif menyantapnya bareng kuahnya. Sebaiknya mampu dikonsumsi sehari sekali, selama 7-10 hari.

12. Kaki bisul. Untuk mengatasikaki Anda yang infeksi, Anda harus menyiapkan 300 gr ikan mas, 35 gr kacang merah kecil, garam, dan 3 gelas air. Cara pembuatannya cukup mudah. Campurkan ikan mas dan kacang merah dan tambahkan garam secukupnya. Masak materi dengan air sampai matang. Makan ramuan selagi hangat. Sebaiknya dikerjakan sehari sekali, selama 3 kali sepekan, sampai sembuh.

Demikianlah artikel kami wacana Manfaat dan Kandungan Gizi Ikan Mas. Semoga sedikit artikel dari kami ini bisa menolong anda yang sekarang sedang mencari manfaat dan kandungan gizi ikan mas. Jangan lupa baca artikel menawan kami yang lainnya. Terimakasih atas kunjungan anda pada blog kami.

     

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments