Cara Ternak Lele Dumbo Dalam Drum Plastik Bagi Pemula

cara ternak lele dumbo dalam drum plastik bagi pemula CARA TERNAK LELE DUMBO DALAM DRUM PLASTIK BAGI PEMULACara Ternak Lele Dumbo Dalam Drum Plastik Bagi Pemula – Siapa sih yang gak kenal dengan hewan lele. Hewan berkumis yang mempunyai rasa nikmat. Di sepanjang jalan yang kita tinggalkan sering kali menyaksikan menu-hidangan yang berasal dari ikan ini. Misalnya pecel lele, keripik lele dan masih banyak lagi. Banyak faedah yang bisa kita dapatkan dari ikan lele ini. Bahkan dalam suatu observasi menyebutkan bahwa ikan ini berguna bagi jantung dan otak kita. Memang bisnis ikan lele ini merupakan bisnis yang sungguh menjanjikan. Namun masih banyak orang  yang berpendapat bahwa bisnis ikan lele ini tergolong usaha yang merepotkan alasannya kerap kali bibit yang ditebarkan banyak yang mati. Sebagian besar mengeluhkan begitu sulitnya menciptakan ikan ini mampu beradabtasi dengan lingkungan dan  cuaca sekitar. Sebenarnya anggapan itu yaitu salah. Ikan lele merupakan binatang yang mudah sekali beradabtasi dengan lingkungan dan cuaca sekitar. Kematian pada ikan ialah seleksi alam. Selain dari seleksi alam, akhir hayat ikan lele dumbo juga bisa disebabkan oleh virus ataupun masakan yang anda berikan. Untuk mengatasi jumlah ajal ikan yang lebih banyak kita harus mengetahui cara – caranya.
      Di postingan aku kali ini saya akan mengangkat judul Cara Ternak Lele Dumbo Dalam Drum Plastik Bagi Pemula. Di dalam postingan ini aku lebih memilih ikan lele jenis dumbo alasannya adalah ikan ini ialah ikan yang berasal dari afrika yang mempunyai ukuran lebih besar dari pada ikan lele yang lain dan patilnya tidak begitu tajam.
cara ternak lele dumbo dalam drum plastik bagi pemula CARA TERNAK LELE DUMBO DALAM DRUM PLASTIK BAGI PEMULA

         Selain itu aku juga mengangkat topik beternak di dalam drum plastik alasannya menurut sumber bahwa ikan ini bisa hidup disegala media tergolong kolam tanah, terpal, drum plastik dan lainnya. Dengan penggunaan drum plastik lebih memudahkan bagi siapapun yang ingin memelihara ikan ini tanpa membutuhkan media yang luas. Selain itu penggunaan drum plastik akan lebih infinit dibandingkan dengan memakai terpal. Drum mirip yang terdapat di samping dapat menampung kurang lebih 200 ekor lele.

         Cara beternak ikan lele dumbo dengan memakai kolam dari drum plastik yakni sebagai berikut :

  1. potonglah drum menyamping kurang lebih 1/8 bagian. (seperti gambar ke dua di atas)
  2. isilah dasar drum tersebut dengan tanah dan pupuk kandang kurang lebih 1/2 kg, lalu diamkan dan tunggu hingga sampai keluar jentik – jentik ( kurang lebih 2 minggu )
  3. isi drum dengan air sumur ( tidak mengandung kaporit ) kurang lebih setinggi 1/2 atau 2/3 drum. Jangan mengisi air terlalu sarat sebab mampu mengakibatkan ikan anda akan melompat keluar drum
  4. masukkan benih lele dumbo ukuran 7 hingga 10 cm sebanyak 150 sampai 200 ekor
  5. berikan pakan berbentukpelet sehari 3 kali. 
  6. gantilah air setiap  sepekan sekali
  7. setelah 2 bulan pilahlah ikan sesuai ukurannya. Ikan lele  tergolong ikan yang kanibal. Ikan ini akan memangsa ikan yang lebih kecil ketika lapar. 
  8. setelah 3 bulan anda bisa mulai memanen ikan lele dumbo anda. Biasanya ikan akan mampu dipanen kalau ikan sudah memiliki berat 1 kg untuk 6 – 8 ekornya. Dalam beternak dalam satu drum ini biasanya seorang petani akan bisa mendapatkan hasil sekitar 30 kg.
Demikian postingan ihwal Cara Ternak Lele Dumbo Dalam Drum Plastik Bagi Pemula. Semoga berguna bagi anda yang ingin mencari penghasilan lebih lewat usaha ini. Terimakasih atas kunjungan anda. Jangan lupa share keteman – teman anda, barang kali ada diantaranya yang memerlukan. Selamat menjajal ….

LihatTutupKomentar