Cara Menghasilkan Jamu Ampuh Untuk Merpati

Artikel terkait : Cara Membuat Jamu Ampuh Untuk Merpati

    14184336591750714909
    Pemberian jamu pada merpati penting dijalankan bagi pemain merpati balap , tinggian , kolong , atau merpati pos. Karena dengan  proteksi jamu daya tahan badan merpati akan senantiasa tersadar sehingga sanggup menyingkir dari terjangkit penyakit. Selain itu jamu juga sanggup memperbesar stamina waktu melayang bimbing maupun ketika lomba. Langsung saja langkah – langkahnya selaku berikut:
    Bahan:
    1.   Madu alam murni 10 sendok makan.
    2. Tepung kunyit/kunir sebanyak 10 sendok makan
    3.   Temu kunci 1 ujung jempol dewasa
    4.   Ubi rumput teki cukup 5 buah saja
    5.    Sarang burung walet (kalau ada/tidak wajib)
    6.   Gula aren 1/2
    7.   Wangse secukupnya
    8.   Jinten ireng 1 Butir
    9.    Sun beras merah debu secukupnya 
    10.   Kopi debu 1 sendok makan
    Baca juga:
    Tips Lengkap Mencetak Merpati Kolongan Juara 
    Woow , Merpati TerbangRendah di Jalan Raya Hingga 100km/jam
     
    Kenapa tidak ada telur di dalam resep materi di atas?? Karna telur mengandung materi yang gampang bau dan membuat jamur. Dan itu sudah pasti tidak baik untuk merpati dan juga jamu ini tidak habis dalam sehari. Jamu ini sanggup buat keperluan ke depan.

    Bahan – materi yang di atas sudah cukup untuk menghasilkan jamu , tapi  bila anda ingin menyertakan materi – materi lain di persilahkan saja. Namun usulan saya jangan sekali – kali andat menyampurkan materi -bahan yang membuat panas berlebih ,  mirip : lada , daging kambing dan lain sebagainya

    Jika materi – materi di atas sudah tersedia , maka langkah berikutnya yakni menjadikannya , cara pembuatannya sebagai berikut :

    1.  Pertama temu kunci dibakar kemudian diparut atau ditumbuk hingga halus kemudian campurkan dengan tepung kunyit dan kencur. Kalau tidak ada tepung kunyit dan kencur anda sanggup menghaluskan sendiri dengan cara ditumbuk atau memblendernya.
    2.  Selanjutnyab umbi rumput teki dibakar kemudian diparut atau ditumbuk hingga halus. Tepung  kunyit dan kencur atau tumbukan kencur/kunyit  tadi di campurkan.
    3.   Sarang burung walet di gerus halus .
    4.  Jika semua yang berbahan rempah – rempah sudah halus maka selanjutnya  anda campurkan seluruhnya ke wadah , bisa  mangkuk atau panci kecil.

    Urutan memasukan ke dalam mangkuk/panci :
    1.    Yang pertama masukan tepung kunyit atau kunyit halus apalagi dahulu
    2.    Lalu yang kedua masukan tepung kencur atau kencur yang sudah halus
    3.    Yang ketiga masukan rumput teki yang sudah di haluskan
    4.    Ke empat masukan Jinten Ireng
    5.    Kelima Masukan Wangse
    6.    Dan yang terakhir masukan Sun Bubuk 
    Kalau semua materi sudah di masukkan maka langkah berikutnya yakni mengambil wajan yang ada di dapur untuk memanaskan bahan-bahan tadi.

    Setelah wajan di panaskan maka anda boleh memasukkan materi yang pertama yakni Gula Aren mudah-mudahan mencair apalagi dulu dan di susul yang ada di mangkuk tadi. Dan perlu dikenang , jangan terlalu panas wajannya dan sambil di aduk aduk hingga tercampur merata.

    Selanjutnya tambahkan sedikit air , tetapkan materi yang anda masukkan tercampur dengan baik sehingga seumpama Dodol , ini menunjukan racikan jamu anda sudah sukses. Dan materi jamu kita angkat dari wajan dan Lalu kita tiriskan. Setelah menjadi hangat anda campurkan materi yang belum di masukkan , yaitu: madu dan kopi. Aduk lagi hingga merata dan mirip dodol lagi , bila sama persis dengan dodol makan lebih sukses.

    Langkah Selanjutnya yang mesti anda kerjakan yakni :
    1.    Jemur diterik matahari hingga setengah kering.
    2.    Lalu kemudian buat butiran – butiran pil kecil sebesar jagung.
    3.    Jemur lagi hingga kering dan siap selaku jamu ampuh untuk merpati kesayangan anda.

    Pemberian :
    Pada ketika merpati latihan , berikan tiap malam sebelumny dan dalam keadaan istirahat cukup. Berikan 2 – 3 hari sekali 1 butir. Dan akan lebih baik bila di tambah pemanis telur jawa orisinil , pemberiannya lewat di sepet ke mulutnya memakai suntikan. Jika telur jawa orisinil pribadi masuk ke tubuhnya maka proses kandungan nutrisinya akan lebih baik.

    Asupan ekstra 2 hari sebelum latihan :

    Tambah asupan hati ikan bahari yang sudah dikeringkan seperlunya , alasannya yakni hati ikan bahari mengandung kadar garam yang tinggi dan protein yang cukup.

    Alternatif tambahan:
    1.  Untuk stamina berikan saja secara berkala Gula jawa (catatan Gula jawa mesti orisinil bukan adonan gula pasir) lebih manis gula aren.
    2.  Udang segar. Udang segar mengandung banyak protein sama mirip telur. udang banyak dijual di pasar ikan atau cari di sungai atau kolam ikan.
    3. Untuk Vitamin berikan saja saban hari buah Tomat (bukan Tomat sayur). Tomat sudah mengandung Vit A , Vit C , Vit B dan anti oksidan yang manis buat merpati.
    4.   Daun pepaya muda diberikan setiap pagi sore untuk daya tahan badan merpati mudah-mudahan terhindar dari penyakit.

    Sekian , mudah-mudahan bermaanfaat. Salam penghobi merpati.

    Related posts