Artikel terkait : 2 Resep Pakan Agar Trucukan Ngropel

    download suara burung trucukan
    Gambar: timkicau.com
    Burung trucukan atau trocok dan sering juga disebut jog jog memang ialah burung yang mencakup burung kelas menengah ke bawah. Penggemar burung trucukan ini paling banyak di Negara Indonesia khususnya di Jawa Barat. Selain murah semarak , perawatannya pun terbilang cukup mudah dan simpel.
    Ada yang menawan dari pemeliharaan burung trucukan , yakni fakta bahwa burung trucukan memiliki nasib yang lebih mujur dibanding burung kutilang yang condong dimusuhi oleh sebagian penggemar burung kicauan.  Terlepas dari hal tersebut , burung trucukan memang memiliki gaya dan kicauannya yang khas.
    Trucukan dikala ini sering dijadikan burung masteran untuk jenis burung cucak rowo biar ngropel dan gacor , tetapi trucukan yang dijadikan burung master haruslah yang bersungguh-sungguh bunyi dan ngropel. Suara ropelan burung trucukan memang sedikit menyerupai dengan bunyi burung cucak rawa. Karena itu pula burung trucukan yang bersungguh-sungguh mengeluarkan bunyi ropelannya sering dihargai dengan harga yang tinggi. Apalagi jikalau burung tersebut berani mengeluarkan gaya khasnya yakni buka sayap atau sering disebut menggaruda alasannya yakni menyerupai burung garuda. Oke , berikut  2 Resep Pakan Agar Trucukan Ngropel:

    Baca juga: 
    9 Manfaat Penting Buah Pepaya Untuk Burung Ocehan 
    Cara Memilih Burung Trucukan Berkualitas dan Perawatan

    1. Resep Apel + Kroto

    Perawatan burung trucukan tak jauh berlawanan dengan burung kebanyakan , khususnya dalam tunjangan pakan. Lalu , bagaimana caranya menghasilkan pakan pemanis biar trucukan sanggup mengeluarkan bunyi ropelannya? Berikut resepnya:

    Sediakan:
    •    1/2 butir buah apel yang masih segar
    •    Dua sendok makan kroto bersih

    Cara pembuatan:
    •    Apel diparut sampai halus , kemudian diperas , disaring dan airnya dibuang.
    •    Ampas dari hasil saringan tersebut diaduk dengan kroto sampai bercampur merata.
    •    Ambil seperlunya kemudian berikan pada burung , sedangkan sisanya sanggup disimpan dalam lemari pendingin untuk digunakan kembali.
    •    Kemungkinan besar dengan menampilkan pakan racikan ini , burung trucukan yang tadinya jarang berbunyi atau macet bunyi , menjadi bersungguh-sungguh dan mau mengeluarkan bunyi ropelannya yang khas. 

    2. Resep Buah Mengkudu
    Sebelum anda menampilkan terapi mengkudu pada burung trucukan , lebih baik jikalau Anda amati hal-hal selaku berikut agar akhirnya tidak mengecewakan.
    Pastikan burung sudah bunyi dan remaja , minimal berusia 5 s/d 6 bulan atau lebih alasannya yakni tunjangan buah mengkudu bersifat menghasilkan trucukan lebih bersungguh-sungguh bunyi atau gacor. Burung dalam keadaan sehat , fit dan tidak dalam keadaan sakit. Dan terakhir berikan buah mengkudu selaku minuman pemanis dan bukan digunakan selaku minuman pengganti air minum burung. Oke , berikut cara menampilkan buah mengkudu untuk burung Trucukan kesayangan anda:
    1. Rebus buah mengkudu yang sudah matang bareng air higienis sebanyak 2 gelas.
    2. Tunggu rebusan buah mengkudu sampai matang , lazimnya air berubah warna dan mengental.
    3. Setelah air berubah warna dan mengental , air rebusan sanggup diangkat dan didinginkan.
    4. Selanjutnya saring air rebusan mengkudu dengan kain higienis sehabis hambar , buang ampasnya dan ambil airnya saja.
    5. Berikan air rebusan daun mengkudu pada burung di dalam cepuk terpisah dengan air minum burung.
    6. Terakhir simpan sisa air rebusan mengkudu untuk sanggup diberikan esok harinya dan sehabis beberapa hari ada baiknya jikalau mutu air rebusan mengkudu juga sambil diperiksa apakah kualitasnya masih manis dan pantas diberikan pada trucukan atau tidak. Jika dirasa air sudah kurang baik , maka jangan diberikan lagi dan ganti dengan menghasilkan yang baru.
    Selamat menjajal ya? Semoga goresan pena ihwal 2 resep pakan biar burung trucukan lebih gacor sanggup bermanfaat. Salam kicau mania.