Flora dan fauna di benua australia memiliki banyak keunikan hal ini disebabkan

  • Whatsapp

Flora dan fauna di benua Australia memiliki banyak keunikan hal ini disebabkan oleh factor letak geografis, yang mana letak Australia yang terisolasi dari daerah benua-benua yang lain.

Australia adalah benua, selainnya benua Antartika yang tidak tersambung dengan daerah lain. Hal ini mengakibatkan daerah benua Australia jadi terisolasi dari beragam jenis daerah yang lain.

Selainnya factor geografis, factor keunikan dari flora dan fauna disebabkan oleh factor yang lain. Untuk ketahui factor apa yang mengakibatkan flora dan fauna di benua Australia jadi unik, baca keterangan di bawah ini.

Lihat Juga Bisnis Budidaya Unik Menguntungkan Mulai dari Kroto Hingga Porang

Hal menarik lainnya: benua dengan jumlah pertambahan penduduk terbesar adalah, penyebab utama berkurangnya flora dan fauna di inggris, flora dan fauna benua australia, flora dan fauna adalah, flora benua australia, flora dan fauna di benua asia, penyebab keunikan fauna di australia, jelaskan sebaran penduduk benua asia dan faktor yang mempengaruhinya, benua paling kecil dan paling luas masing-masing adalah, agama yang dianut oleh sebagian besar penduduk afrika barat dan utara adalah

Flora dan fauna di benua Australia memiliki banyak keunikan hal ini disebabkan

Pemicu Flora dan Fauna di Benua Australia Memiliki Banyak Keunikan

Benua Australia sebagai benua yang memiliki keberagaman hayati. Flora dan fauna yang dipunyai oleh benua ini sangat bermacam.

Diambil dari buku Riwayat Pasifik Barat Daya yang dicatat oleh Drs. Yushar Tanjung, M.Sang. dkk, berikut beberapa macam flora dan fauna benua Australia yang unik dan ciri khas:

Contoh flora benua Australia ialah honey flower, bunga fushi, bunga semak natal, bunga coachwood, dan beragam tipe bunga anggrek yang lain.

Lihat Juga 5 Resiko Usaha Beras Yang Mengakibatkan Ketidakberhasilan

Contoh fauna benua Australia ialah kangguru, koala, tasmanian devill, possum, walabi, wombat, dan beberapaya.

Flora dan fauna di atas susah diketemukan di daerah lain. Maka dari itu flora dan fauna di benua Australia memiliki karakter yang unik dan unik.

Sama seperti yang disebut awalnya, keunikan flora dan fauna disebabkan oleh beragam jenis factor. Berikut beberapa faktor yang mengakibatkan flora dan fauna di Australia memiliki keunikan tertentu.

1. Letak Geografis

Diambil dari buku Modul Pengetahuan Pengetahuan Sosial Edisi PJJ kreasi Tenia Kurniawati, M.pd, dan ‎Andri Setiawan, M.pd, flora dan fauna di benua Australia memiliki banyak keunikan hal ini disebabkan oleh terletak yang terisolasi dari daerah lain.

Secara geografis, daerah benua Australia dikitari oleh lautan dan samudra hingga benua ini tidak tersambung melalui dataran dengan daerah yang lain.

Lihat Juga Ternak yang Menguntungkan Dalam Waktu Singkat

Bila ditelisik dari riwayat perubahannya, Australia dulunya sebagai sisi dari benua Gondwana yang selanjutnya benua itu terpisah.

Pada jaman glasial, Australia jadi salah satu daerah yang terpisah dari daerah yang lain yang mengakibatkan Australia terisolasi secara geografis.

Dengan usainya jaman glasial, banyak flora dan fauna yang dahulunya lakukan migrasi jadi terisolasi. Isolasi benua Australia itu selanjutnya mengakibatkan flora dan fauna di benua ini jadi unik.

Lihat Juga Usaha Ternak Burung Yang Menjanjikan Di Masa Depan 12 Macam

2. Factor Klimatik

Australia memiliki keadaan cuaca yang berbeda di tiap daerahnya. Pada benua Australia, di sisi utara ini memiliki cuaca tropis.

Pada barat daya benua Australia dan sejauh pantai selatan memiliki cuaca subtropis, dan pada sisi tengah condong beriklim kering kontinental atau gurun.

Pantai timur Australia memiliki curahan hujan yang tinggi, dan sisi barat benar-benar kering karena curahan hujan yang rendah.

Lihat Juga Harga Mobil Ferrari Termahal

Factor keadaan cuaca dan cuaca ini mengakibatkan flora dan fauna yang ada di benua Australia sangat unik. Ada banyak flora dan fauna yang cuma bisa hidup di cuaca tropis, ada beberapa yang cuma bisa hidup di gurun.

Daerah di benua Australia yang memiliki curahan hujan tinggi condong memiliki vegetasi yang bermacam dibanding dengan wilayah yang kering.

Hal berikut yang selanjutnya mengakibatkan flora dan fauna yang hidup di benua Australia memiliki karakter yang unik dan unik dan berlainan dengan flora dan fauna di daerah lain.
(SAI)

Contoh Flora dan Fauna Unik yang Diketemukan di Australia

Diambil dari buku bertema “Riwayat Pasifik Barat Daya” yang dicatat oleh Drs. Yushar Tanjung, M.Sang. dkk, berikut contoh-contoh flora dan fauna yang diketemukan di benua Australia:

Fauna

Australia dikenali jadi tempat untuk hewan marsupial, dan nyaris 1/2 mamalia asli benua ini ialah marsupial. Marsupial ialah hewan yang melahirkan secara prematur (kecil), hingga harus di membawa ke kantung di dalam perut induknya.

Contoh hewan marsupial yang banyak ditemui ialah Kanguru, Walabi, Possum, Wombat dan Koala.

Platypus sebagai hewan tipe mamalia Australia yang memiliki moncong panjang dan kaki yang beselaput. Hewan ini disebutkan dengan evolusi di antara reptil dan mamalia yang bertelur.

Dingo adalah hewan unik dari Australia. Dingo sebagai hewan yang umumnya berkulit coklat yang kuat, dengan ekor yang lebat. Ada yang mengatakan jika hewan ini sebagai turunan dari serigala Asia.

Disamping itu, di Australia kita akan mendapati beberapa macam burung seperti burung emu (macamnya serupa dengan burung unta), angsa hitam, dan beberapa burung beo, burung betet, burung kakatua.

Fauna

Australia memiliki rimba hujan tropis, rimba ekaliptus di selatan, dan padang rumput di sisi utara.

Pantai Timur Australia kita akan menemui beragam tipe tumbuhan berbunga seperti, honey flower, bunga fushi, bunga semak natal, bunga coachwood, dan beragam tipe bunga anggrek.

Australia memiliki tanaman ciri khas, yakni aksia dan eukaliptus. Salah satunya yang populer ialah tanaman waratah, yang bunganya warna merah merona. Waratah ialah tanaman memiliki tinggi yang dapat melewati pada. Ada lebih dari 80 tipe tumbuhan tipe ini yang dapat kita dapatkan di Australia.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *