Obat Mencret untuk Dewasa Simak Berikut Ini
Obat Mencret untuk Dewasa Simak Berikut Ini

Obat Mencret untuk Dewasa Simak Berikut Ini

Diposting pada

Tema utama pembahasan jawapossmakassar.com kali ini adalah seputar: obat mencret untuk dewasa, cara mengatasi diare pada orang dewasa, obat mencret dewasa paling ampuh, obat mencret dewasa paling ampuh alami, obat diare di apotik untuk dewasa, cara menghentikan diare tanpa obat, obat bab cair terus menerus, obat diare di warung, buah untuk obat diare alami 


Mencret adalah masalah pencernaan yang mengakibatkan seorang seringkali bab dengan feses yang cair atau benyek. Untuk banyak orang dewasa, keluh kesah menceret bisa diatasi dengan obat diare yang dibeli ke apotek. Tetapi, ada pula yang memerlukan antibiotik. Nach, obat apakah yang paling baik?

Obat Mencret untuk Dewasa

Sebetulnya, mencret dapat pulih sendiri dengan perawatan rumahan, seperti minum air putih yang banyak atau minum cairan elektrolit untuk menukar cairan yang lenyap.

Tetapi, tanda-tanda mencret yang membuat Anda jadi kerap bolak-balik ke toilet tentu saja sangat terasa mengusik.

Untuk itu, Anda dapat minum beberapa obat yang berperan untuk kurangi frekwensi bab. Berikut opsinya.

1. Oralit Obat Mencret untuk Dewasa

Oralit ialah obat yang memiliki kandungan senyawa elektrolit dan mineral seperti natrium klorida, kalium klorida, glukosa anhidrat, natrium bikarbonat, dan trisodium citrate dihydrate.

Senyawa-senyawa itu berperan untuk kembalikan cairan badan yang lenyap karena mencret.

Orang dewasa dapat minum oralit 12 gelas pada 3 jam pertama bab (BAB) terus-terusan, selanjutnya dua gelas setiap kali menceret atau BAB kembali.

Oralit ada berbentuk serbuk atau bubuk hingga harus dicampurkan dahulu sama air. Pakai air masak untuk meleburkan oralit.

2. Pengantaramide Obat Mencret untuk Dewasa

Pengantaramide ialah obat yang bekerja untuk perlambat gerak usus supaya hasilkan feses berbentuk lebih padat.

Anda dapat mendapat obat ini dengan resep dokter atau membeli langsung di apotek.

Jumlah pengantaramid untuk orang dewasa ialah 4 mg sesudah bab (BAB). Obat mencret ini optimal dimakan 8 mg setiap hari.

Obat ini ada berbentuk tablet, kapsul, atau tablet yang menetes. Ada pula pengantaramide berbentuk cair, tapi obat ini cuma dapat didapat lewat resep dokter.

Penyakit mencret biasa terjadi ke orang banyak. Keadaan ini mengakibatkan seorang terus bab (BAB) lebih dari umumnya dengan feses yang cair.

3. Bismuth subsalicylate

Selainnya kerap dipakai untuk menangani ngilu perut dan tanda-tanda maag, obat ini mempunyai karakter antimencret dan antiradang.

Obat ini bekerja perkuat dinding lambung dan usus kecil untuk membuat perlindungan organ pencernaan Anda dari infeksi bakteri.

Jumlah obat untuk dewasa yang alami mencret ialah 524 mg setiap 30 – 60 menit. Tidak boleh lebih dari 8 kali minum di dalam 24 jam.

Jauhi memakai bismuth subsalicylate bila feses Anda berdarah atau memiliki kandungan lendir. Anda memerlukan resep dari dokter untuk memperoleh obat ini.

4. Attapulgite

Attapulgite ialah zat yang perlambat kerja usus besar agar mempernyerap semakin banyak air hingga struktur feses menjadi lebih padat.

Sakit di perut karena menceret akan perlahan-lahan sembuh sesudah minum obat ini.

Orang dewasa yang alami mencret dapat konsumsi 2 tablet attapulgite tiap usai bab. Jumlah optimal ialah 12 tablet dalam satu hari.

Obat dapat diminum saat sebelum atau setelah makan. Janganlah lupa untuk masih tetap minum banyak cairan untuk menahan dehidrasi sepanjang mencret.

5. Suplemen probiotik

Suplemen probiotik kerap dipakai sebagai obat untuk menangani menceret ke orang dewasa yang karena bakteri pemicu mencret E. coli dan Salmonella.

Sepanjang mencret, probiotik Lactobacillus disarankan dimakan dalam jumlah 1 – 10 miliar colony forming units (CFU) setiap hari. Untuk probiotik Saccharomyces boulardii, jumlah untuk orang dewasa ialah 250 – 500 mg setiap hari.

Suplemen probiotik untuk mencret ada berbentuk kapsul, tablet, bubuk dan konsentrat cairan.

Probiotik dapat dimakan tanpa atau dengan makanan. Probiotik bisa digabung bersama makanan, air, atau susu supaya teresap lebih bagus dan kurangi tanda-tanda mencret.

Panduan menjaga diri sepanjang mencret

  1. Minum banyak cairan untuk menghindar dehidrasi.
  2. Konsumsi makanan sehat yang rendah serat dan gampang diolah.
  3. Konsumsi makanan yang tinggi probiotik seperti yoghurt dan tempe.
  4. Menghindar makanan yang membuat mencret makin kronis, misalkan makanan pedas, gorengan, dan makanan manis.
  5. Makan dalam jatah kecil, ini dilaksanakan supaya beban kerja usus tidak begitu berat.

Obat antibiotik untuk mencret

Jika mencret disebabkan karena infeksi yang kronis, Anda kemungkinan memerlukan obat antibiotik untuk menyembuhkannya. Walau demikian, konsumsi obat antibiotik mencret jangan asal-asalan.

Berikut opsi antibiotik yang diresepkan dokter untuk menangani mencret.

  • 1. Cotrimoxazole

Cotrimoxazole ialah antibiotik yang memiliki kandungan dua tipe zat obat, yakni sulfametoksazol dan trimetoprim. Obat ini diberi untuk pasien yang alami menceret kronis karena infeksi bakteri E. coli.

Jumlah untuk dewasa ialah 960 mg dan diminum 2x dalam satu hari. Untuk infeksi berat, jumlahnya yakni 2.880 mg setiap hari, tetapi perlu dipisah jadi 2 agenda konsumsi.

Kotrimoksazol seharusnya dimakan bersama makanan atau air putih. Sepanjang jalani penyembuhan, Anda dianjurkan perbanyak minum air putih untuk menahan resiko berlangsungnya efek obat.

  • 2. Ciprofloxacin

Obat ini berperan untuk memberantas bakteri Campylobacter jejuni dan Salmonella enteritidis. Ciprofloxacin akan diresepkan oleh dokter jika antibiotik baris pertama seperti cotrimoxazole dan cefixime tidak memperlihatkan dampak pada pasien.

Orang dewasa dapat minum obat ini sekitar 2x satu hari sepanjang mencret dengan jumlah 500 mg per sekali minum. Dokter umumnya merekomendasikan untuk konsumsi obat 1 – 5 hari, bergantung tingkat keparahan infeksi.

Telan kapsul dan tablet ciprofloxacin secara utuh dengan satu gelas air putih. Konsumsi obat ini sesudah makan untuk menahan sakit maag.

  • 3. Levofloxacin

Antibiotik kelompok fluoroquinolone ini kerap dipakai untuk menyembuhkan mencret karena kekuatannya dalam percepat durasi waktu penyakit dan dapat ditolerir lebih bagus oleh badan.

Tetapi, penggunaan obat antibiotik ini harus dalam pemantauan dokter. Anda harus memeriksa diri lebih dulu ke klinik untuk mendapat obat ini.

Orang dewasa yang alami mencret dapat minum obat ini sekali satu hari 500 mg. Dokter dapat meningkatkan jumlah sampai 750 mg bila memang dibutuhkan.

Dampak dari obat ini akan berasa sekitaran 6 – 9 jam sesudah minum jumlah pertama.

  • 4. Cefixime

Cefixime dipakai untuk mencret yang disebabkan karena infeksi bakteri Salmonella typhi. mencret yang disebabkan karena bakteri ini umumnya munculkan tanda-tanda muntaber.

Saat alami mencret, Anda dapat konsumsi obat ini sekali satu hari dengan jumlah 400 mg atau 200 mg tiap 12 jam.

Meskipun begitu, cefixime dapat mempunyai potensi mengakibatkan mual dan merasa tidak nyaman pada perut. Maka dari itu, mengonsumsi makanan yang tidak begitu berat untuk diolah saat minum obat ini.

  • 5. Metronidazole

Antibiotik yang ini bekerja untuk menyembuhkan infeksi bakteri pada lambung atau usus. Obat ini ada berbentuk tablet atau obat cair.

Obat ini perlu didapat melalui resep dokter. Jumlah yang diberi akan tergantung pada keadaan Anda. Orang dewasa biasanya perlu minum obat ini 3x satu hari dengan jumlah 250 – 750 mg saat mencret.

Metronidazole tidak dianjurkan untuk ibu hamil, terlebih jika kandungan masih ada pada trimester pertama. Dampaknya bisa  mencelakakan bayi dalam kandungan.

Jika pilih pertanyaan sekitar obat mencret, tanyakan ke dokter Anda. Memperoleh penyembuhan dokter lebih cepat dapat menahan berlangsungnya kompleksitas mencret yang beresiko.