Manfaat Air Hangat untuk Sapi Simak Penjelasannya
Manfaat Air Hangat untuk Sapi Simak Penjelasannya

Manfaat Air Hangat untuk Sapi Simak Penjelasannya

Diposting pada

Manfaat air hangat untuk sapi pada dasarnya sangatlah banyak. Tetapi juga bukan berarti akan membuat sapi menjadi gemuk atau semakin bertambah berat badannya.

Hal menarik lainnya: manfaat ajinomoto untuk sapi, cara memberi minum sapi yang benar, jam minum sapi, efek sapi banyak minum, manfaat air garam untuk sapi, sapi kebanyakan minum, takaran garam untuk sapi, cara membuat air hangat

Manfaat Air Hangat untuk Sapi Simak Penjelasannya

Manfaat air hangat untuk sapi ini pada umunya hanya pada saat hendak diberikan konsentrat. Yakni dimana air hangat tersebut sangat berguna untuk melarutkan makanan yang hendak diberikan kepada si sapi.

Dilansir dari Rizal channel YouTube manfaat air hangat untuk sapi yakni saat hendak mencampur konsentrat bisa cepat dilarutkan dan ini berbeda kalau hanya menggunakan air dingin.

Baca Juga Cara Ternak Sapi yang Baik agar Cepat Sukses

Apakah air hangat ini mempengaruhi nutrisi. tidak. tetapi air hangat ini Justru lebih fisiologis lebih bisa diterima lebih memudahkan pencernaan daripada air dingin tapi bukan berarti menggunakan air dingin itu tidak boleh. Tapi harus diperjelas bukan air dingin atau air kulkas. Jadi itu Manfaat Air Hangat untuk Sapi.

Lihat Juga Manfaat Terasi untuk Sapi

Dilansir dari detik.com, Menjadi kabupaten dengan tingkat komunitas ternak sapi paling padat di Jawa Timur, Situbondo berpotensi besar di bidang peternakan. Tidak kecuali peningkatan sapi-sapi ‘jumbo’ yang umum diperlombakan di beragam even kontes ternak, baik tingkat lokal kabupaten, regional Jawa Timur, ataupun tingkat nasional. Manfaat Air Hangat untuk Sapi sangat terasa disini.

Baca Juga Perhatikan Agar Sapi Lahap Makan Jerami di Kecamatan Rappocini

Sampai sekarang beberapa peternak di Situbondo berniat mengimplementasikan skema perawatan spesial kepada ternak sapinya biar tumbuh besar di atas ukuran umumnya. Lantaran di golongan peternak, punyai sapi memiliki ukuran jumbo dipandang jadi kebanggaan spesifik. Ditambah lagi dapat beradu serta melewati ukuran dan berat ternak punya peternak yang lain.

“Di Situbondo sapi-sapi besar ini ada lombanya. Buat tahun 2013 ini kontes ternak dapat dijalankan bulan depannya (Oktober, red). Sebab itu terus disiapkan supaya bisa menjadi pemenang,” ujar Jamali, pemilik sapi jumbo waktu didapati di tempat tinggalnya.

Baca Juga Cara Simple Agar Sapi Lahap Makan Jerami Berpusat di Kabupaten Sinjai

Tinjauan detikcom sebutkan, ternak sapi punya Jamali (40), masyarakat Kampung Tanjung Kamal, Kecamatan Mangaran, itu memiliki ukuran di atas umumnya. Sapi type simmental dengan umur 2,tiga tahun itu sekarang beratnya telah melewati 1000 Kg atau 1 ton. Menurut Jamali, ternak sapinya dapat tumbuh besar sebab tersedianya perawatan spesial.

“Ada perawatan spesial mulai dengan menu pakan, minum, sampai kebersihan sapi serta kandangnya,” papar bapak dua anak itu.

Baca Juga Perhatikan Agar Sapi Lahap Makan Jerami di Kabupaten Wajo

Buat type pakan hijau yang disajikan juga termasuk pilih-memilih. Jamali akui cuma menfokuskan pakan sapinya di type rumput-rumputan fresh, rumput gajah, tumbuhan serta jagung, dan buah jagung muda. Sehari-harinya pakan hijau itu jangan kurang dari jumlah kepentingan ternaknya.

Dan buat minum ternaknya, Jamali berniat mengombinasikan dengan ampas tahu, kathul serta polard. Tidak cukup itu, kesehatan ternak pun tidak lolos dari perhatian. Menurut Jamali, setiap dua bulan sekali ternaknya pun teratur dibawa ke dokter atau manteri hewan.

Baca Juga AC AQUA Japan Hadirkan Teknologi Turbo Cool Yang Cepat Dingin

Kebersihan ternak serta kandangnya mesti terus dijaga. Tiap-tiap hari Jamali bersihkan kandang serta memandikan ternak sapi kesukaannya itu.

“Jika mandinya teratur setiap hari. Malahan jika malam-malam tak ada pekerjaan, saya biasa mengompres tubuh sapi beserta air hangat. Kecuali ternak dapat fresh, sama kulitnya pun jadi cemerlang serta lentur,” pungkas Jamali.

Lihat juga Tutorial Agar Sapi Lahap Makan Jerami di Kecamatan Ujung Pandang