Relawan Prof Andalan Kecewahanya Janji Tanpa Ada Bukti Tim Prof Andalan Mulai Pecah
Relawan Prof Andalan Kecewahanya Janji Tanpa Ada Bukti Tim Prof Andalan Mulai Pecah

Relawan Prof Andalan Kecewahanya Janji Tanpa Ada Bukti Tim Prof Andalan Mulai Pecah

Diposting pada

Tim Relawan yang mulai dibentuk oleh tiap kandindat yang ingin bertarung dalam Pilgub Sulsel 2018 harusnya semakin kompak dan solid. Namun, lain halnya dengan relawan salah satu kandidat Pilgub Sulsel yaitu dari Relawan Prof Andalan HM Nurdin Abdullah atau yang biasa disebut Relawan Prof Andalan yang berada di Kabupaten Sinjai, Pulau Sembilan yang kecewa terhadap kandidatnya sendiri serta pengurus Prof Andalan. Relawannya akan mundur, dan menilai tim Prof Andalan hanya memanfaatkan tenaga orang untuk kepentingannya sendiri.

Dari pernyataan beberapa relawan masyarakat di Kabupaten Sinjai khususnya Pulau Sembilan yang enggan dikorankan namanya merasa sangat kecewa, yang dikabarkan sudah pula memasang baliho tanpa dana dan mereka hanya dijanjikan dana pemasangannya segera cair, tetapi nyatanya sampai sekarang belum datang juga. Walhasil, seluruh anggota koordinator merasa kecewa dan mencabut baliho serta banner berjumlah 51 lembar dan 2 buah baliho berukuran 3×4 serta stiker 100 lembar. (*)

Baca Juga Variasi Mobil Makassar, Ini Daftarnya yang Bisa Dikunjungi

Apakah itu Relawan?

tugas relawan, syarat menjadi relawan, jenis-jenis relawan, pengertian relawan sosial, contoh relawan, pengertian relawan bencana, pengertian relawan covid-19, arti relawan kbbi

Bila membaca atau dengar kata relawan, hal pertama kali yang tebersit dalam pikiran mayoritas kita kemungkinan ialah beberapa orang yang menolong saat berlangsungnya musibah, seperti penyelamatan korban atau menolong keperluan dasar mereka saat di barak tempat penampungan, tetapi apa relawan cuma datang hanya peristiwa musibah saja? Jikapun definisinya lebih luas dari itu, keterangan apa yang sebetulnya dapat dipakai untuk mengurai habis arti dari relawan?

Baca Juga Toko Aksesoris Mobil Terdekat di Makassar

Saya pernah menanyakan ke sejumlah rekan mengenai pengertian relawan menurutnya, beberapa pada mereka menjelaskan “oh, yang bantuin di musibah alam itu ya?, yang umumnya tolong di posko banjir kan itu relawan”.

Lantas, ada pula rekan yang menjelaskan “Saya bukan relawan, relawan kan yang tolong cocok ada musibah, jika saya volunteer yang mengajarkan anak-anak jalanan.” Yup, kata ‘relawan’ memang sama sama mereka yang siap ditaruh di lokasi musibah.

Dan volunteer merujuk dari mereka yang lakukan aktivitas suka-rela seperti mengajarkan anak jalanan, jadi panitia aktivitas bakti sosial, aktivitas yang didengar ‘ringan’ dibanding mereka yang menolong saat terjadi musibah. Walau sebenarnya, dua kata itu yaitu relawan dan volunteer ialah sama, cuma pemakaian dengan bahasa setiap hari yang lain.

Baca Juga Land Rover Range Rover Sport

Pengertian Relawan

Dalam Kamus Bahasa Indonesia, relawan sebanding dalam kata relawan yang ini berarti orang yang lakukan suatu hal dengan suka-rela (tidak karena diharuskan atau dipaksa).

Namun, sesimpelkah itu pengertian relawan? Karenanya berdasar pada pengertian yang hanya itu, memiliki arti jika kita ikhlas lakukan suatu hal dengan suka-rela untuk dirinya yang tersayang, automatis kita ialah sukarelawan—mungkin semakin lebih aduhai kembali jika ditambahkan titelnya jadi relawan cinta, pejuang kasih-sayang.

Karena itu, supaya tidak ada persempitan arti mirip contoh aduhai di atas, bagusnya kita membuat bertambah arti dengan mengarah pada sumber lain.

Baca Juga Mobil Termewah di Dunia Tahun 2021 hingga Sekarang Ini 5 Deretannya

Jika kita buka kamus Oxford, pengertian relawan (volunteer) nyaris sama dengan kamus Indonesia. Ada dua pengertian berkenaan kata relawan, yaitu

  1. A individu who freely offers to take part in an enterprise or undertake a task.
  2. A individu who works for an organization without being paid.

Pengertian pertama searah dengan pengertian menurut kamus Indonesia. Pengertian ke-2  menerangkan jika relawan bekerja tanpa mengikutsertakan transaksi bisnis uang juga.

Dalam kamus Merriam Webster, pengertian relawan dipisah jadi dua sisi, pengertian simpel dan komplet. Pengertian simpel relawan menurut kamus ini, hampir serupa dengan 2 kamus awalnya, tetapi diperkaya dengan pengertian jadi orang yang tergabung dengan kemiliteran tanpa desakan (peluang seperti harus militer).

Baca Juga Mobil Balap Termahal Di Dunia Serta Harganya yang Fantastis

Berikut cuplikan selengkapnya.

  1. A person who chooses to join the military
  2. A individu who does work without getting paid to do it

Pengertian kompletnyalah yang menerangkan lebih detil daripada beberapa pengertian awalnya.

A individu who voluntarily undertakes or expresses a willingness to undertake a servis as a: a). one who enters into military voluntarily; b). one who renders a servis or takes part in a transaction while having no legal concern or interest of properti without giving valuable consideration.

Dengan begitu, secara bahasa, relawan memang orang yang bekerja suka-rela menolong dalam servis atau organisasi tertentu tanpa inginkan atau mengikutsertakan uang sebagai imbalan atas kerjanya.

Baca Juga Mobil BMW Termahal di Indonesia Terbaru 2022

Relawan itu dibayarkan tidak sich?

Dalam Volunteering England Information Sheet, ada cuplikan pengertian kegiatan kerelawanan yang mengarah pada buku The Kompak Kode of Good Practice on Volunteering yang keluar di tahun 2005.

“…an activity that involves spending time, unpaid, doing something that aims to keuntungan the environment or individuals or grups other than (or in addition to) close relatives”.

Mengarah pengertian di atas, maknanya seorang disebutkan relawan bila sudah sediakan waktunya, tanpa dibayarkan, untuk lakukan suatu hal yang bisa berperan positif untuk lingkungan, seseorang, atau satu barisan, yang notabene bukan semata-mata orang paling dekat si relawan saja.

Baca Juga 12 Tanaman Palawija Termahal yang Ada di Indonesia

Ini memiliki arti hal yang menggerakkan kerja kerelawanannya bukan hubungan batin dengan faksi yang menerima ‘bantuan’-nya saja, tapi ada motivasi yang lain mendorongnya, dan itu bukan uang. Benar-benar bukan uang.

Memang benar-benar ada sejumlah organisasi yang memberi beberapa uang beberapa sukarelawannya, tapi umumnya untuk sekedar tutupi ongkos fasilitas yang sudah dikeluarkan relawan atau berbentuk mekanisme reimbursement. Namun, harus diingat tidak ada atau ada ada uang untuk kegiatan kerelawanannya itu tidak benar-benar mempengaruhi kerja si relawan.

Maka bisa diambil kesimpulan seorang dapat disebutkan relawan bila:

  1. Lakukan suatu hal dengan suka-rela
  2. Mempertaruhkan tenaga dan waktu
  3. Kegiatan itu memberi keuntungan positif untuk lingkungan atau organisasi yang ditolongnya
  4. Tidak atas dasar motivasi atau menginginkan imbalan uang.

Nach, membaca keterangan di atas, apa kamu siap #JadiRelawan? Indorelawan benar-benar suka karena semenjak web indorelawan.org dikeluarkan telah ada lebih dari 28.000 pribadi yang tertarik untuk #JadiRelawan! Kami percaya, jauh dalam lubuk hatimu yang terdalam, kamu benar-benar ingin jadi relawan. Lalu, nantikan apalagi? Baca 3 pertanda kamu siap #JadiRelawan agar niat kamu siap jadi tindakan baik!