Lebah Jantan Makassar dan Manfaat Lebah Madu
Lebah Jantan Makassar dan Manfaat Lebah Madu

Lebah Jantan Makassar dan Manfaat Lebah Madu

Diposting pada

Lebah jantan Makassar kini sudah bisa dijumpai disejumlah marketplace. Ada banyak manfaat lebah madu dan Harganya pun beragam. Tetapi biasanya kalau sudah dalam bentuk kemasan lebih mahal.

Seperti Lebah jantan Makassar original dengan berat sekitar 750 gram dijual dengan harga Rp100.000.

Sebenarnya harga ini kalau dibeli langsung dipetani lebih murah. Dengan harga 100 ribu kita sudah bisa mendapatkan sebanyak 1 botol berukuran botol besar atau ukuran botol minuman sirup DHT pisang Ambon 620 ml atau setara dengan 0,62 liter.

Baca Juga Makanan Burung Sriti, Rujukan Makanan Burung Sriti

Lebah Jantan dan Lebah Betina

“Sesungguhnya lebah betina dapat juga bertelur, namun apabila tak ada ratunya, telur yang dibuat akan tidak memiliki aturan, kaya ada tiga hingga empat butir telur dalam sebuah sel telur di sarang heksagonal”

Lebah madu yaitu serangga yang hidup berkoloni. Koloni terdiri dalam lebah ratu, lebah jantan, serta lebah buruh. Lebah dapat menciptakan madu pada jumlah besar di sarangnya. Walaupun sebenarnya, kehidupan lebah betina begitu memiliki pengaruh saat proses produksi madu. Mengapa begitu?

Dalam koloni lebah, lebah betina ditugaskan selaku lebah buruh yang cari nektar serta serbuk sari buat makanan ratu serta larva. Sholeh, satu diantara pemberbudidaya lebah madu Apis Cerana yang bertempat di Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Propinsi Jawa Barat, memperjelas trik kerja lebah betina.

Baca Juga Makanan Sapi Biar Cepat Minta Kawin

“Bila lebah itu di antara jantan serta betina pekerjaannya terbalik, sebaiknya yang jantan bekerja namun ini betina yang bekerja. Sebab lebah betina bekerja cari makan ratu, sementara itu lebah jantan tak ada pekerjaan, pekerjaannya cuman memadukan ratu. sesudah itu mati,” kata Sholeh pada Jagad Tani, waktu dihadapi di dalam tempat budidaya lebah madunya.

Sama hal yang kita pahami, satu ekor betina akan menciptakan telur. Akan tetapi, di kehidupan lebah yang dapat bertelur cuman ratu lebah. Namun tak tutup peluang pun lebah betina dapat bertelur.

“Sesungguhnya lebah betina dapat juga bertelur, namun apabila tak ada ratunya, telur yang dibuat tidak akan memiliki aturan, kaya ada tiga hingga empat butir telur dalam sel telur di sarang heksagonal. Sementara itu apabila ada ratu, telurnya bakal teratur jadi satu satu, maka dalam sebuah koloni lebah jelas ada ratunya,” ujarnya.

Baca Juga Ternak yang Menguntungkan Dalam Waktu Singkat

Diluar itu, jumlah lebah betina dalam sebuah koloni dapat sampai beberapa ribu serta pekerjaannya lumayan berat. Seperti membikin sarang, menghasilkan serta memiara madu dan cari air. Lebah buruh punya bentang hidup yang pendek, cuman seputar enam minggu. Lebah buruh punya sengat yang dipakai buat membela dirinya sendiri sewaktu terasa terancam.

Sementara itu lebah jantan cuman ada beberapa ratus ekor dalam sebuah koloni. Hidupnya bekerja menguber ratu buat menikah dengannya, sesudah itu mereka lantas mati. Lebah madu ini diketahui pemalas, sebab makannya banyak serta kebanyakan disuguhkan oleh lebah buruh. Perputaran hidupnya cukuplah panjang seputar 1bulan.

Baca Juga Harga Range Rover 2020 di Indonesia Termahal dan Termurah

Manfaat Lebah Madu

Ada dua fungsi yang bisa dicapai dari budidaya lebah madu, adalah fungsi langsung serta fungsi tidak langsung. Fungsi langsung yang dibuat lebah berwujud madu, lilin lebah (malam), royal jelli, sengat lebah (bee venom), pollen, propolis (lem lebah) serta larva lebah. Fungsi tidak langsung berwujud andil lebah jadi polinator penyerbukan tanaman.

Madu. Madu sebagai produk penting yang dibuat lebah, punya kandungan susunan zat makanan yang komplet serta sebagai bahan makanan yang berguna untuk kesehatan manusia (QS. 16:69; Rais, 1996).

Madu berfaedah juga untuk industri kosmetik serta sampo. Beberapa zat makanan yang ada dalam madu sangatlah kompleks serta udah dikenali ada 181 jenis senyawa dalam madu (Sichombing, 1997).

Sesudah itu ditambahi kalau susunan madu diputuskan oleh dua unsur yaitu susunan nektar tanaman serta unsur external seperti unsur lingkungan serta prosesing madu. Kwalitas madu diputuskan misalnya oleh warna, rasa, kekentalan, wewangian serta takaran air (17%-18%).

Baca Juga Budidaya Tanaman Cepat Kaya, Berikut 11 Tipe Tanaman

  • Lilin Lebah (malam)

Lilin sebagai produk lebah yang dibuat oleh kelenjer lilin yang ada di perut sisi bawah lebah madu. Lilin lebah berguna jadi bahan baku dalam industri batik, kosmetik serta industri farmasi. Tidak hanya itu lilin lebah bisa juga dipakai dalam pengerjaan lilin, dalam industri perlebahan, pengerjaan cream, losion (cairan pencuci, pomade, lipstick serta lapisan pil (Sichombing, 1997).

  • Pollen (tepung sari)

Pollen sebagai alat jantan reproduktif tanaman yang berprotein tinggi serta berfungsi untuk pembentuk, perkembangan serta pembetulan beberapa sel lawas (Sichombing, 1997). Kandungan protein kasar pollen kira-kira di antara 8 – 40 % (rataan 23 persen), punya kandungan asam-asam amino prinsipil yang perlu untuk perkembangan serta perubahan koloni (Gojmerac, 1983).

Baca Juga Toko Aksesoris Mobil Terdekat di Makassar

  • Propolis

Propolis atau lem lebah berguna dalam industri kedokteran. Untuk kebulatan koloni, propolis bisa dipakai isikan celah-celah, mendempul retakan, mempernis permukaan besar atau tutup lubang di luar (Sichombing, 1997).

  • Royal jelli (susu lebah)

Royal jelli dibuat oleh kelenjer hypofarink lebah buruh yang berusia 3-13 hari, untuk konsumsi lebah ratu serta larva lebah. Susunan zat nutrisi yang dikandungnya untuk beberapa umumnya terdiri dalam: 66% air, 12,34% protein, 5,46% lipida, 12,5% senyawa terkikis, 0,82% mineral serta 2,82% senyawa yang belum terdeteksi (Gojmerac, 1983). Royal jelly punya kandungan vitamin-vitamin, gula, sterol, beberapa asam lemak detail serta anti biotik berwujud asam 10-hidroksidekanoat. Hasil penilaian Okuda et al. (1998) mempertunjukkan kalau royal jelly pula punya kandungan intisari seperti insulin (insulin-like) yang berguna untuk pengidap diabetes mellitus serta hipertensi. Tidak hanya itu, royal jelly pula berpengaruh positif untuk pengidap problem peresapan, simptom cuaca serta anak-anak yang mengenyam keterbelakangan perkembangan (Chen, 1998).

Baca JUga Cara Mengobati Kucing Cacingan dengan Bahan Alami

  • Sengat Lebah atau Bee Venom

Sengat lebah sebagai cairan bening, bau tajam, rasa pahit, wewangian detail serta bereaksi masam. Sengat disekresikan dari kantong sengat yang ada dalam badan sisi belakang, pada waktu lebah buruh menggempur lawannya. Banyak laporan menyebutkan kalau sengat lebah dapat dipakai dalam penyembuhan penyakit, umpamanya reumatik sendi, penyakit polyarthritis, neuritis serta penyakit asma bronchial. Pada waktu saat ini sudahlah banyak dibuat preparat-preparat berwujud obat suntik atau salep yang datang dari sengat lebah.

Baca Juga 18 Tanaman Cepat Panen dan Mahal Layak Dicoba!

  • Polinator

Peranan lebah madu jadi polinator tanaman budidaya tidak diragukan kembali. Lebah madu udah dipakai secara semakin makin tambah meluas jadi polinator serta sebagai sisi integral dari produksi tanaman secara kekinian. Sesudah itu dijelaskan kalau lebah madu punya peran penting jadi hewan pembantu penyerbukan tanaman, utamanya tanaman yang tidak bisa mengerjakan penyerbukan sendiri serta bisa menambah daya produksi tanaman budidaya. Untuk tanaman itu dibutuhkan agen jadi pembantu penyerbukan serta lebah madu sebagai serangga yang punya potensi mengerjakan kerja itu selain angin. Kapasitas ini bisa difungsikan dengan letakkan koloni lebah madu di lahan tanaman budidaya yang daya serbuknya rendah.

Gojmerac (1983) beranggapan kalau polinasi begitu penting untuk tanaman untuk membela survivalnya. Polinasi sebagai proses kompleks serta sangatlah dikuasai oleh suhu, kelembapan serta tersedianya polinator yang bisa dijalankan oleh serangga maupun angin. Proses polinasi terdiri dalam sistem transfer pollen dari anther ketujuan stigma di bunga.

Fertilisasi terjadi kalau pollen (sel jantan) berbicara dengan ovula (sel betina). Tidak hanya itu lebah madu bisa juga menolong proses penyerbukan silang. Sistemnya merupakan pollen ditransfer dari 1 varitas tanaman kevaritas tanaman yang lainnya. Sedang penyerbukan sendiri, pollen ditransfer dari anther ketujuan stigma di bunga yang serupa, bunga tidak serupa dari tanaman yang serupa atau bunga tanaman lain di varitas yang serupa (Gojmerac, 1983).

Banyak laporan ilmuwan yang mengungkap kalau ada peningkatan produksi tanaman budidaya kalau beberapa koloni lebah dimasukkan di kitaran tempat tanaman. Perawatan lebah madu di tempat pertanaman apel bisa menambah produksi senilai 30-60%, jeruk bertambah 300-400%, anggur bertambah 60-100% serta jagung fakta bertambah 100-150% (Suhardjono et al. 1986).

******

manfaat bawang putih dan madu

Bawang putih panggang campur madu manfaatnya hebat untuk kesehatan badan.

Ditambahkan, bawang putih panggang mempunyai kandungan vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C dan mineral seperti fosfor, magnesium, tembaga, kalium, yodium dan kalsium.

Seharusnya, bawang putih panggang dan madu dimakan saat sebelum tidur malam. Ini berperan untuk hilangkan toksin, semua virus karsinogen yang  mencelakakan badan.

Baca Juga Cara Mengobati Sapi Cacingan dengan Bawang Putih

khasiat bawang putih dan madu, cara konsumsi bawang putih untuk ejakulasi dini, efek samping bawang putih + madu, khasiat olesan bawang putih, khasiat bawang putih bakar untuk lelaki, khasiat bawang putih jika dioleskan ke alat vital pria, cara membuat obat kuat dari bawang putih dan madu, kapan sebaiknya minum bawang putih dan madu

Berikut beberapa manfaat bawang putih dan madu salah satunya:

  • 1. Menahan kanker

Kanker menjadi satu diantara tipe penyakit yang paling beresiko sebab bisa memberikan ancaman nyawa.

Untuk menahan dan menangani penyakit membahayakan ini dapat dilaksanakan dengan 2 langkah yaitu penyembuhan kekinian dan penyembuhan tradisionil.

Salah satunya penyembuhan tradisionil yaitu gabungan bawang putih panggang dan madu rupanya mempunyai manfaat hebat yang dapat menjadi jalan keluar kanker.

Dan untuk tipe bawang putih yang terbagus untuk dipakai mengobati kanker ialah bawang putih lanang dan bawang putih dayak.

Baca Juga Manfaat Bawang Putih Untuk Sapi

  • 2. Membenahi perputaran darah

Bawang putih panggang campur madu sebagai sumber anti-oksidan yang tinggi sekali, hingga dapat tingkatkan performa lambung yang penting untuk proses peresapan zat besi.

Dengan semakin lancarnya peresapan zat besi pada tubuh, karena itu perputaran darah pada tubuh bisa juga berjalan baik.

Disamping itu, kandungan mineral dan vitamin dalam madu dan bawang putih juga bagus untuk tingkatkan kualitas darah yang sehat dan benar-benar dianjurkan untuk dimakan secara teratur tiap hari.

  • 3. Membenahi Perputaran Darah

Bawang putih panggang campur madu sebagai sumber anti-oksidan yang tinggi sekali, hingga dapat tingkatkan performa lambung yang penting untuk proses peresapan zat besi.

Dengan semakin lancarnya peresapan zat besi pada tubuh, karena itu perputaran darah pada tubuh bisa juga berjalan baik.

Disamping itu, kandungan mineral dan vitamin dalam madu dan bawang putih juga bagus untuk tingkatkan kualitas darah yang sehat dan benar-benar dianjurkan untuk di konsumsi secara teratur tiap hari.

  • 3. Tingkatkan Mekanisme Kebal Badan

Ramuan ini banyak memiliki manfaat untuk mempertahankan kesehatan dan beberapa penyakit seperti demam, menggigil, diare, flu, infeksi jamur dan gigitan serangga.

Hal tersebut karena kandungan anti-oksidan tinggi yang ada pada ke-2  bahan ini.

Konsumsi bawang putih panggang campur madu dengan teratur juga baik pada tingkatkan ketahanan tubuh dan berperan sebagai detoksifikasi badan yang baik sekali tanpa memunculkan efek beresiko. (*)