Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wakili UNM, 2 Mahasiswa ini Sabet Medali Perunggu di Yogyakarta

Wakili UNM, 2 Mahasiswa ini Sabet Medali Perunggu di Yogyakarta
Wakili UNM

Wakili UNM, 2 Mahasiswa ini Sabet Medali Perunggu di Yogyakarta - Mahasiswa Pendidikan Tehnik dan Komputer (PTIK) mengikut Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) yang dipertunjukkan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) di tanggal 14-16 November 2019. 

Cari tahu juga sia unm, jurusan di unm, akreditasi unm, pendaftaran unm, mandiri unm, jurusan di unm dan akreditasinya, pmbm.unm.ac.id 2021, jurusan di unm dan peminatnya

Peserta yang mengikut Lomba Inovasi Digital Mahasiswa ini sejumlah 121 peserta dengan 37 dosen pendamping dari 27 perguruan tinggi se-Indonesia. Kegiatan LIDM ini anyar kali pertama diselenggarakan.

LIDM adalah lomba yang memiliki tujuan untuk bangun peningkatan keilmuan mahasiswa terpenting pada sektor tehnologi kekinian yang berbasiskan pada tehnologi info.

LIDM terdiri jadi 4 sektor yakni Sektor I dituruti 32 peserta dari 9 perguruan tinggi, Sektor II dituruti 31 peserta dari 9 perguruan tinggi, sektor III dituruti 31 peserta dari 10 perguruan tinggi dan sektor IV dituruti 27 peserta dari 8 perguruan tinggi.

Humairah dan Wa Ode Rahmawati sebagai mahasiswa PTIK sukses lewat bagian saringan dan miliki kesempatan lakukan presentasi di Universitas Negeri Yogyakarta. Dan mereka sukses menggapai medali perunggu sektor sektor I.

Kreasi dari ke-2  mahasiswa ini merupakan "Aplikasi Hijnafi Pengenalan Huruf Hijaiah Berbasiskan 3D Hologram" yang diarahkan langsung oleh ketua prodi PTIK yakni bapak Dr. Mustari Lamada S.Pd., M.T. Humairah sebagai ketua team sangatlah puas dan senang lantaran bisa mengikut pekerjaan ini dan hingga pada bagian presentasi di muka mahasiswa dari universitas lain. 

Dia mengharap supaya nantinya lebih banyak mahasiswa dari UNM yang dapat turut turut serta.

"Saya sangatlah puas dan senang lantaran bisa memperoleh juara. Saya mengharap mudah-mudahan ke depan lebih banyak mahasiswa dari UNM yang dapat turut tahun depannya," jelasnya.

Sejarah UNM

Universitas Negeri Makassar atau UNM ialah perguruan tinggi negeri di Makassar, Indonesia, yang berdiri pada 1 Agustus 1961.

Dibangun pada 1 Agustus 1961 s/d 31 Agustus 1964, dengan status Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Hasanuddin, berdasar SK Menteri PTIP No. 30 Tahun 1964 Tanggal 1 Agustus 1961. pada 1 September 1964 s/d Januari 1965 dengan status IKIP Yogyakarta cabang Makassar, berdasar SK Menteri PTIP No. 154 Tahun 1965 Tanggal 1 September 1965. dan pada 5 Januari s/d 3 Agustus 1999, dengan status berdikari bernama IKIP Makassar, berdasar SK Presiden Republik Indonesia No. 272 Tahun 1965 tanggal 5 Januari 1965. 

Pada babak ini, semenjak 1 April 1972, IKIP Makassar beralih menjadi IKIP Ujungpandang dengan ikuti peralihan nama Kotamadya Makassar jadi Kotamadya Ujungpandang. dan pada 4 Agustus 1999 sampai saat ini dengan status Universitas bernama Universitas Negeri Makassar (UNM) berdasar SK Presiden Republik Indonesia No. 93 Tahun 1999 tanggal 4 Agustus 1999.

Sarana Umum

Beberapa fasilitas dan sarana umum yang dibutuhkan dan ada di universitas UNM diantaranya Poliklinik, BNI Kantor Kas Pembantu UNM, Auditorium, Mushola, tempat beribadah, Asrama mahasiswa, Guest House, fasilitas olahraga dan kesenian, kafetaria, kantin, toko dan koperasi, tempat parkir, perpustakaan

Poliklinik

Service pada pengguna jasa klinis diatasi oleh 3 dokter umum, 1 dokter pakar penyakit jantung, satu orang perawat, satu orang perawat bidan, satu orang pendamping apoteker, satu orang perawat gigi, satu orang tenaga Lab, satu orang tenaga administrasi dan satu orang tenaga pencuci. 

Service dokter dilaksanakan setiap hari kerja pada jam 11.30 - 13.00; untuk servis khusus penyakit jantung di hari Senin jam 11.00 - 13.00, dan service yang lain pada jam. 08.30 - 15.00.

Tipe service yang bisa didapat diantaranya: kesehatan umum, dan surat info dokter untuk kepentingan adminisrasi untuk mereka yang membutuhkan.

Mushola

Di lingkungan universitas UNM Gunungsari Baru ada mushola Nurul Ilmi yang luasnya sekitaran 850 m2. Pembangunan masjid ini sebagai hasil swadaya masyarakat UNM dan bantuan dari pemerintahan. Di universitas Banta-Bantaeng ada masjidh yang luasnya 30 m2, dan untuk universitas Parangtambung ada sebuah mushola Ulil Albab.

Asrama Mahasiswa

Untuk memuat mahasiswa yang kurang sanggup, karena itu UNM Makassar mempersiapkan asrama mahasiswa. Asrama mahasiswa itu masing-masing ditaruh di Universitas III Banta-Bantaeng, Universitas UPP PGSD Tidung, UPP PGSD Pare-Pare, dan UPP PGSD Bone.

Auditorium/Aula

UNM memiliki 1 biji auditorium yang dinamakan Auditorium Amannagappa yang luasnya 2430 m2 dan aula Lanto Dg. Pasewang yang luasnya 427 m2. Ke-2 gedung tatap muka itu digunakan sebagai tempat aktivitas sivitas akademisa di lingkungan UNM bahkan juga bisa dipinjam ke warga yang memerlukan penggunannya. Disamping itu UNM mempunyai 1 Ruangan Teater dan 4 Ballroom yang ada pada Wing Menara Pinisi lantai 2,3 dan 4.

Fasilitas Olahraga

Untuk fasilitas Olagraga UNM telah banyak mempersiapkan pada beberapa universitas yang menyebar di sejumlah lokasi yang terpisah, masing-masing pada Universitas Gunungsari ada fasilitas olahraga berbentuk beberapa lapangan tennis, lapangan badminton dan lapangan bola volli yang tiap hari dipakai oleh sivitas akademis. 

Dan pada Universitas III Banta-bantaeng ada beberapa fasilitas olahraga berbentuk stadion sepak bola, kolan renang, gedung olahraga, arena tinju dan gedung latihan senam.

Fasilitas Kesenian

Fasilitas panggung seni sinetron untuk mahasiswa seni sebagai media peningkatan ketertarikan, talenta dan kreativitas seni mahasiswa yang berada di Universitas II UNM Parangtambung.

Koperasi Pegawai

Di lingkungan UNM dibangun koperasi karyawan negeri yang diberi nama Koperasi Pegawai (Lokal) KPN UNM yang anggotanya terbagi dalam dosen dan tenaga administrasi. 

Jumlah anggota KPN UNM 11.85 orang. Sektor bisnis yang dioperasionalkan meliputi dua sektor yakni taruh pinjam dan angsuran barang, keperluan - keperluan primer dan fotocopy.

Yayasan Pembimbing

Selainnya KPN UNM, dibuat juga yayasan pembimbing kesejahteraan UNM. Dan sektor upayanya memberi taruh pinjam ke karyawan negeru UNM dengan bunga yang rendah. memberi angsuran beberapa barang electronica ke karyawan negeri UNM.

Ikatan Alumni

Untuk merajut jalinan antara alumni UNM, karena itu dibuat Ikatan Alumni UNM Makassar, dan gedung alumni berada di lingkungan universitas Parang Tambung.

Organisasi Kemahasiswaan

Organisasi kemahasiswaan terdiri dari organisasi intra dan organisasi extra Universitas. Berikut Organisasi Intra Universitas yang berada di Universitas Negeri Makassar

  • MAPERWA

Maperwa sebagai ringkasan dari "Majelis Pembicaraan Mahasiswa" ialah organisasi kemahasiswaan yamg sebagai perwakilan mahasiswa, menanmpung dan salurkan inspirasi mahasiswa, melaui Penentuan garis besar program kerja (GBPK) yang dikerjakan oleh Tubuh Eksekutif Mahasiswa (BEM). Maperwa ada di tingkat Universitas.

  • BEM

Tubuh Eksekutif Mahasiswa ialah instansi perwakilan mahasiswa untuk menguraikan dan melakukan GBPK berbentuk program kerja sesuai yang diputuskan oleh Maperwa.

  • UKM

Unit Aktivitas Mahasiswa (UKM) ialah unit organisasi kemahasiswaan yang berperan memuat dan melakukan aktivitas sesuai talenta dan kesukaan mahasiswa masing - masing pada tingkat Universitas

  • HMJ

Himpunan Mahasiswa Jalur (HMJ) ialah organisasi kemahasiswaan yang disebut tubuh eksekutor peningkatan penalaran dan keilmuan mahasiswa pada tingkat Jalur.

  • HMPS

Himpunan Mahasiswa Program Study (HMPS) ialah organisasi kemahasiswaan yang disebut tubuh eksekutor peningkatan penalaran dan keilmuan mahasiswa pada tingkat Program study.

Alumni terkenal UNM

  • Nurdin Halid (Politikus Senior Partai Golkar)
  • Akbar Faizal (Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Nasdem)
  • Hafidz Abbas (Ketua Komnas HAM Republik Indonesia / 2012-2017)
  • Muslimin Bando (Bupati Enekang, 2013-2018, 2018-2023)


Posting Komentar untuk "Wakili UNM, 2 Mahasiswa ini Sabet Medali Perunggu di Yogyakarta"