Makassar, 19 January 2018

Menristek dan Dikti Tinjau Kapal Nelayan Indonesia di IKI

6 - Aug - 2017 | 14:38 | by: JawapossMakassar.com admin
Menristek dan Dikti Tinjau Kapal Nelayan Indonesia di IKI

Jawapossmakassar.com–Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Prof. H. Muhammad Nasir meninjau Pembangunan Kapal Nelayan Indonesia yang di buat di PT Industri Kapal Indonesia (Persero). Kapal tersebut merupakan Proto type yang akan diperuntukkan untuk Kapal Nelayan di seluruh Indonesia dengan konsep *plate datar* . Kapal ini dibangun hanya dalam waktu 1 (satu bulan). Kehadiran Kapal ini berawal atas riset yang dilakukan 3 institusi yang melakukan riset bersama untuk menciptakan kapal Nelayan Indonesia tanpa lekukan.

Tiga institusi yang tergabung dalam riset bersama itu adalah Teknik Perkapalan Universitas Indonesia (UI), Teknik Perkapalan Universitas Hasanuddin (Unhas), dan Kementrian Riset Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti).

Kapal ini dimulai pembangunannya tanggal 5 Juli 2017 dan telah selesai. Dan pada tanggal 10 Agustus 2017 besok akan dipamerkan pada Hari Teknologi Nasional di Makassar yang akan dihadiri oleh Presiden RI. Bahkan Presiden Jokowi sendiri juga akan memberikan nama Kapal Nelayan Indonesia ini.

Sementara itu Dirut PT Industri Kapal Indonesia (Persero) IKI Makassar Edy Widarto yang menerima kunjungan Menristek tersebut menyampaikannya kesiapannya membangun Kapal jenis ini kepada Menristek & Dikti. Hal itu diamini oleh 2 Direksi lain yang hadir pada kunjungan Menteri Nasir tersebut. Bahkan Direktur Operasi Ahril Abdullah & Direktur Keuangan IKI Suhan Ikhsan menyanggupi berapapun yang akan dibangun mengingat areal untuk pembangunan kapal di PT IKI Cukup luas.

Sementara itu Manager Humas IKI Akbar Nur mengatakan setelah peninjauan Menteri, kapal ini akan melakukan Pelayaran Percobaan atau Sea Trial dan setelah dinyatakan laik laut maka selanjutnya akan dibawa ke CPI untuk di Pamerkan pada Harteknas tersebut
Hadir pada kunjungan ini Dirjen dan Sekjen di kementeriannya. Rektor Unhas, UNM dan pejabat Eselon I, II dan III di lingkungan PT IKI

Adapun Spesifikasi Utama Kapal ini,¬†Panjang 15 Meter lebar 4 Meter Tinggi 2,8 meter dengan sarat muatan 1,2 meter. Kecepatan 7 sd 10 knot (mil/jam) dengan ME 80 HP. Propeller 28′ dengan 4 daun.

 

(Akbar Nur/Ari)


BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Berita Terkini,Berita Utama,FOTO,Teknologi | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Kategori Berita Terkini

Kategori Berita Utama

Kategori FOTO

Kategori Teknologi