Makassar, 27 May 2018

Direktorat Lalulintas (Ditlantas) Polda Sulsel Memberikan layanan Prima Dengan Pelayanan Cepat Dan Nyaman

1 - Feb - 2018 | 18:12 | by: JP_mks Redaksi
Direktorat Lalulintas (Ditlantas) Polda Sulsel Memberikan layanan Prima Dengan Pelayanan Cepat Dan Nyaman

Makassar,JPM – Peningkatan Kinerja Direktorat Lalulintas (Ditlantas) Polda Sulsel dalam memberikan layanan prima terus dilakukan, khususnya di bagian pengurusan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB).

Dibawah kendali Kasi BPKB, Kompol Henki Ismanto, pelayanan cepat serta mengedepankan kenyamanan dan keamanan menjadi proritas bagi semua porsenil di jajarannya.

“Upaya percepatan proses pengurusan BPKB menjadi proritas bagi kami, mulai dari loket pendaftaran kemudian verifikasi, pengimputan data, cetak hingga penyerahan. Semuanya dikerjakan secara seksama dan cepat.”

“Untuk proses BPKB perorangan paling hitungan jam sudah selesai, namun untuk partai besar ditargetkan selesai dalam tujuh hari. Dan untuk partai sangat besar (Dealer/Sub Dealer) selama sebulan.”

Dengan dibantu oleh 23 personil, terdiri dari, seorang Pamen, Pama 4 orang dan Bintara 18 orang, Hengki menerapkan sistem tandem untuk pengimputan data dan Cetak BPKB, bahkan menggunakan hari libur untuk tetap lembur jika ada penumpukan berkas BPKB.

“Kalau yang diberkas BPKB aja 10 orang,
Selainnya di bagian Mutasi, Duplikat , Penomoran dan Arsip.” Ungkap Henki saat ditemui di ruangannya, Kamis (1/2/2018)

Seperti saat awal awal menjabat, pria yang baru 6 bulan sebagai Kepala Seksi BPKB Ditlantas Polda Sulsel ini, mengungkapkan pernah merampungkan 8 Ribu berkas dalam kurun 3 Minggu.

Henki mengakui dalam sebulan bisa menyelesaikan 6 Ribu hingga 9 ribu berkas, tergantung banyak sedikitnya berkas yang masuk ke Ditlantas Polda Sulsel.
Perharinya rata rata diangka 450 hingga 700 berkas. Dilihat dari perentasenya sebanyak 85 persennya adalah kendaraan roda 2 dan selebihnya roda 4.

Ada 4 item untuk jenis pengurusan yang ditangani bagian BPKB, yakni pendaftaran kendaraan baru, Penomoran kendaraan, Duplikat BPKB dan mutasi masuk – mutasi keluar.

“Untuk pendaftaran kendaraan selama 6 bulan saya menjabat tidak ada hambatan
Kemudian untuk penomoran juga sekarang melalui sistem pembayaran online via Bank BNI.”

Kendalanya jika daya listrik turun atau server dalam kondisi tidak normal. Kendala lain jika porsenil sakit, ijin atau lepas piket.

Sementara untuk Duplikat BPKB saat ini Henky melakukan proses filter tiga kali lebih savety, terkait sinkronisasi data karena menurutnya banyak masalah timbul akibat data yang tidak sesuai antara pemilik kendaraan dengan data laporan polisi. Mengacu pada SOP Duplikat BPKB, yaitu laporan polisi, siaran koran dan berita acara penyerahan (kuasa).

“Mengapa proses duplikat kesannya agak lama, sebab proses duplikat BPKB, banyak yang tidak sesuai data pemilik dengan data nama yang tercantum di pelaporan kehilangan polisi, sehingga untuk potensi penyalah gunaan sangat besar, jangan sampai surat Duplikatnya terbit tapi menjadi permasalahan di kemudian hari.”

“Contoh kasus, terkadang nama yang melapor di kepolisian tidak sama dengan nama pemilik kendaraan, ada juga BPKB masih ada di Dealer (bermasalah) setelah lunas tidak bisa diambil kemudian si pemilik datang ke Kami minta diterbitkan duplikat, yaa itu tidak bisa.”

Oleh itu Bagian BPKB terkhusus untuk Duplikat sangat hati hati dalam menyeleksi data yang masuk.” Tutup Henki.

Arie


BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Berita Terkini,Berita Utama,FOTO | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Kategori Berita Terkini

Kategori Berita Utama

Kategori FOTO