Makassar, 27 May 2018

BPN Makassar Menjadikan Pelayanan Publik Sebagai Prioritas Utama

7 - Feb - 2018 | 11:38 | by: JP_mks Redaksi
BPN Makassar Menjadikan Pelayanan Publik Sebagai Prioritas Utama

Makassar,JPM-Sebagai lembaga pemerintah nonkementerian di Indonesia yang melaksanakan tugas pemerintahan di bidang Pertanahan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Makassar terus menciptakan berbagai inovasi dibidang pelayanan publik, mulai pemangkasan birokrasi, percepatan waktu pengurusan serta sosialisasi meminimalisasi jasa calo (perantara).

Terkait pelayanan publik, BPN Makassar menjadikan prioritas utama, hal tersebut terbukti dengan penghargaan yang diberikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Asman Abnur, beberapa pekan lalu. Dari 72 kantor Pertanahan Kabupaten/Kota se- Indonesia, BPN Makassar, meraih penilaian kategori Baik (B), dari sebelumnya kategori Cukup (C).

Kepala Kantor (Kakan) BPN Makassar, Iljas Sutedjo Priyono, mengungkapkan bahwa Merubah paradigma dan maindset masyarakat terhadap image suatu instansi memerlukan waktu dan tenaga ekstra cukup besar, “Alhamdulillah upaya tersebut berbuah manis, kami mendapat penilaian Baik dari kementerian PAN-RB, dibidang Role Mode Pelayanan Publik beberapa pekan lalu. Ini berarti pelayanan di kantor BPN Makassar Semakin bagus,”

“Hal ini tentunya menjadi motivasi buat kami agar terus melakukan perbaikan disektor pelayanan sehingga kedepannya tak ada lagi keluhan dan aduan negatif, karena semua permasalahan di kantor kantor publik bermula dari pelayanan (Service), jika pelayanan terhadap masyarakat tidak baik maka proses selanjutnya akan berdampak pada hasil yang tidak baik pula. Olehnya kami mengutamakan pelayanan prima untuk masyarakat.”

Kakan yang belum genap setahun di BPN Makassar tersebut sejak mulai menjabat memang getol mensosialisasikan bentuk pelayanan, baik melalui media maupun instruksi langsung kepada jajarannya.”Semua alur pengurusan sudah jelas tertera di layar pelayanan lantai 1 kantor Pertanahan, jika kurang jelas bisa bertanya langsung ke petugasnya masing masing atau bisa juga mengunjungi Website Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional di www.bpn.go.id,” Papar Iljas.

Mendapat penghargaan bukan berarti tidak mengalami kendala, Iljas mengungkapkan kendala yang selalu mengusiknya adalah isu calo yang kerap mematok tarif tinggi dalam pengurusan pertanahan.”Salah satu isu yang paling menggangu adalah Jasa Calo (pengurus) tanah yang memasang harga tinggi kepada masyarakat dan itu bisa merusak citra BPN di Masyarakat.”

“Kami selalu menghimbau kepada masyarakat yang ingin mengurus tanahnya agar datang langsung ke kantor pertanahan kota Makassar Jalan AP. Pettarani No. , jangan lagi menggunakan jasa Calo, karena selain mengirit biaya dan waktu, masyarakat juga akan diberi pemahaman yang benar terkait proses pengurusan seputar Pertanahan.” Tutup Iljas.

Reporter : Ari


BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Berita Terkini,Berita Utama,FOTO | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Kategori Berita Terkini

Kategori Berita Utama

Kategori FOTO